Agar Pelanggan Aman dari COVID-19 Saat Servis Produk Elektronik

Suasana Samsung Service Center yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Besarnya pengguna produk elektronik merek Samsung di Indonesia, tidak heran layanan servis menjadi perhatian utama perusahaan. Terlebih di masa pandemi COVID-19, Samsung Electronics Indonesia membangun solusi dan sistem dengan ketat menerapkan protokol kesehatan, demi keamanan pelanggan dan karyawannya.

Di masa pandemi, Samsung Smart Service hadir agar pelanggannya bisa langsung bertatap muka dan konsultasi lebih detail tentang produk ang dapat ditemui di 40 kota di lebih dari 152 lokasi Samsung Experience Store ataupun Samsung Super Store. Sementara ini untuk penanganan yang lebih detail dan bahkan perbaikan.

Jadi konsumen dapat mengunjungi Samsung Service Center yang telah hadir di 96 kota yang tersebar di lebih dari 157 lokasi di Indonesia dengan komitmennya memberikan pelayanan one-hour service untuk ponsel pintar dan one-day service untuk elektronik, sehingga konsumen dapat kembali beraktivitas tanpa kendala.

Tambahan lagi, Samsung juga tetap menghadirkan Contact Center 24 Jam dan Remote Support bagi konsumen di seluruh Indonesia yang tidak dapat mengunjungi pusat-pusat layanan. Dan bagi pengguna aplikasi Samsung Members, layanan tersebut juga dapat diakses melalui fitur Get Help.

Samsung ingin mendukung kebutuhan konsumen untuk tetap nyaman bersama gawai dan alat elektronik yang membantu mereka di masa new normal ini. Selain terus menjalankan servis dalam bentuk digital, Samsung kembali mengaktifkan layanan tatap muka Samsung Service Center dengan prosedur yang disesuaikan untuk kenyamanan konsumen.

“Kami memahami kebutuhan konsumen akan smartphone dan peralatan elektronik yang dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kami membuka seluruh layanan Samsung Customer Service, baik layanan tatap muka maupun digital, sambil menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Praryadi Slamet, Head of Customer Experience Samsung Electronics Indonesia.

Praryadi menambahkan dalam kondisi pandemi seperti sekarang, kesehatan konsumen dan karyawan adalah prioritas utama perusahaan. Untuk itu pihaknya memastikan kinerja produk-produk Samsung yang selalu prima. "Dengan komitmen kami untuk menghadirkan one-hour service, konsumen dapat segera kembali beraktivitas tanpa kendala, nyaman kapan saja,” tegasnya.

Konsumen dapat menikmati layanan purna jual Samsung melalui berbagai cara. Selain di pusat servis, bagi mereka yang sedang berkunjung ke mal, cukup datangi Samsung Customer Service di Samsung Experience Store. Praryadi menjelaskan ada dua jenis layanan di Samsung Customer Service. Pertama, Smart Service untuk mengoptimalkan kinerja smartphone, termasuk konsultasi produk, upgrade software, transfer data, dan panduan pemakaian produk. Semua jenis layanan ini bebas biaya khusus di Samsung Customer Service di Samsung Experience Store. Kedua, Service Center untuk perbaikan ponsel pintar dan produk elektronik, termasuk penggantian suku cadang, baik dalam masa garansi maupun sudah lewat masa garansi.

Seluruh layanan tatap muka telah menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan pemerintah demi keamanan konsumen, antara lain pengecekan temperatur pengunjung, penggunaan face shield oleh customer service agent yang melayani konsumen, kaca pembatas antara agent dan konsumen, pengaturan area tunggu agar terjaga jarak aman antar konsumen, dan pembersihan berkala dengan disinfektan.

Galaxy Sanitizing Service

Selain itu, layanan Galaxy Sanitizing Service untuk ponsel yang diperbaiki. "Ponsel pintar konsumen akan disanitasi dengan sinar UV-C yang aman bagi perangkat untuk membersihkan bakteri, kuman, dan virus. Layanan ini disediakan bebas biaya di 12 kota di Indonesia, yaitu: Cirebon, Bandung, Yogya, Semarang, Banjarmasin, Surabaya, JaTaBek, Manado, Palembang, Denpasar, Medan, Padang," ujar Praryadi.

Konsumen juga dapat menjangkau Samsung Contact Center melalui berbagai cara. Bagi mereka yang ingin berbicara langsung, Samsung menyediakan layanan telepon bebas pulsa atau chat di Whatsapp for Business.

Untuk pemeriksaan produk secara langsung, tanpa perlu mengunjungi service center, Samsung menyediakan layanan digital Remote Support. Layanan digital ini memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time . Hanya melalui aplikasi atau web service, permintaan layanan ini akan langsung terhubung dengan Samsung Contact Center 24 jam setiap hari.

Untuk layanan Remote Support tersedia tiga pilihan layanan sesuai dengan tipe produk. Pertama Smart Tutor untuk ponsel pintar yang dapat diakses melalui aplikasi Smart Tutor for Samsung Mobile dan Samsung Members. Melalui aplikasi ini, tim Samsung akan memberikan layanan jarak jauh seperti pemeriksaan software dan mengatur ulang setting agar kinerja ponsel pintar tetap optimal. Kerahasiaan dan privasi dokumen pribadi konsumen pun tetap aman karena semua pengecekan oleh tim Samsung akan dilakukan setelah mendapatkan ijin langsung dari konsumen.

Lalu layanan Remote Management untuk Smart TV yang diakses melalui TV dengan panduan tim Samsung. Layanan jarak jauh yang diberikan antara lain pemeriksaan dan update software, pemeriksaan aplikasi, setting dan menu Smart TV konsumen. Dan terakhir Visual Support untuk peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, vacuum cleaner, air purifier atau AC.

Bagi konsumen yang telah mengunduh aplikasi Samsung Members juga dapat langsung membuka fitur Get Help. Melalui fitur ini, konsumen dapat menelepon Contact Center, berkomunikasi melalui live chat, dan meminta bantuan Remote Support. Pada fitur ini, konsumen juga dapat memeriksa dan mengoptimalkan kondisi ponsel pintar secara mandiri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)