Aksi Peduli Covid-19 Melalui Kampanye #SunprideBuatKebaikan

Pandemi Covid-19 berdampak sangat luas terutama bagi banyak keluarga atau kelompok yang rentan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia mengkhawatirkan dampak pandemi COVID-19 pada status gizi dari mereka yang paling terdampak, terutama mereka yang dari keluarga miskin dan rentan.

Pada awal krisis, diperkirakan 2 juta anak balita di Indonesia mengalami wasting (gizi kurang), 7 juta anak stunting (pendek) dan 2 juta lainnya kelebihan berat badan.. Terlebih di masa pandemi ini, pemenuhan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi berbagai penyakit.

Melihat hal tersebut, PT Sewu Segar Nusantara (SSN) dengan produk buah-buahannya bermerek Sunpride, mengadakan kampanye #SunprideBuatKebaikan, yaitu ajakan mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan sekaligus mendonasikan buah untuk anak-anak dari keluarga yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, untuk memastikan pemenuhan gizi mereka tetap terpenuhi.

Dalam kampanye #SunprideBuatKebaikan setiap pembelian buah Sunpride apapun dan berapapun selama periode 22 Oktober – 7 Desember 2020 berarti menyediakan buah bagi mereka yang membutuhkan. Donasi buah akan disalurkan melalui mitra strategis, Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation, dan Foodbank of Indonesia.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, 95,5\% penduduk di atas usia 5 tahun masih kurang makan buah dan sayur. Terlebih di saat pandemi ini, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi, tidak bisa menyediakan buah-buahan bagi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

“Oleh karena itu, berangkat dari fakta tersebut dan sekaligus menyambut ulang tahun ke-25 Sunpride, kami berinisiatif mengadakan program #SunprideBuatKebaikan yang tujuannya mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah setiap hari sekaligus ikut serta mendonasikan buah bagi mereka yang membutuhkan. Harapannya lebih banyak masyarakat yang mengonsumsi buah untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit,”  ujar Cindyanto Kristian,  Chief Executive Officer PT Sewu Segar Nusantara (SSN).

Melihat risiko yang tinggi pada anak, maka program #SunprideBuatKebaikan ditujukan untuk anak-anak dari keluarga yang  mengalami kesulitan menyediakan buah bagi anak-anak. “Untuk menjangkau anak-anak, kami bersinergi dengan Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation dan Foodbank of Indonesia. Kami sangat mengapresiasi sinergi positif ini,” kata Cindyanto.

Pendiri Yayasan Waroeng Imaji, Veronika Tan mengatakan keluarga yang tinggal di rusun mayoritas adalah mereka yang bekerja di sektor informal dan sangat terdampak Covid-19. Sejak pandemi ini terjadi, pihaknya telah membantu anak-anak rusun yang terdampak Covid-19 khususnya di bidang edukasi dan pemenuhan gizi anak bersama dengan banyak pihak. Kali ini, pihaknya menyambut baik inisiatif Sunpride karena sejalan dengan program yang tengah dijalankannya saat ini. “Donasi ini akan kami sampaikan ke-7 rusun yang ikut serta dalam Operet Aku Anak Rusun 1 dan 2, yaitu Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara, Rusun Pinus Elok, Rusun Pulogebang, Rusun Rawabebek, Rusun Komarudin, Rusun Pondok Bambu,” ujar Veronika.

Kemudian Cipto Rustianto, Director of Communications and Partnership ReachOut Foundation (ROF) mengungkapkan sejak 2013 berfokus pada pengembangan dan pendidikan anak usia dini di daerah pinggiran atau di bawah garis kemiskinan secara holistik-integartif. Di dalamnya bukan hanya pendidikan, pendampingan dan perlindungan anak yang baik, namun juga pemenuhan gizi dan kesehatan sebagai penunjang utama tumbuh kembang anak. “Inisiatif yang dilakukan bersama dengan Sunpride akan membantu anak-anak meningkatkan kualitas pendidikannya dengan lebih dulu meningkatkan nutrisi yang penting untuk fondasinya yaitu tubuh yang sehat.”

Sementara itu, CEO Foodbank of Indonesia, M. Hendro Utomo mengatakan perbaikan nutrisi merupakan salah satu misi dari Foodbank of Indonesia. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini di mana banyak keluarga yang kekurangan pangan karena keterbatasan penghasilan akibat Covid-19. Pihaknya mendukung inisiatif dari Sunpride ini karena donasi ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh terutama pada anak-anak yang sulit mendapatkan akses pada makanan yang baik seperti buah-buahan. “Donasi ini akan kami distribusikan ke daerah Jabodetabek yang merupakan daerah dengan tingkat Covid-19 yang cukup tinggi,” ujar Hendro.

Lebih lanjut  Cindyanto menyampaikan inisiatif semacam ini bukan kali ini saja dilakukan Sunpride, namun telah dimulai sejak Maret 2020 lalu.  Perusahannya telah mendonasikan lebih dari 100 ton buah-buahan bagi tenaga kesehatan di 93 rumah sakit, 77 instansi, baik itu sekolah, kampus, penginapan paramedis, organisasi sosial maupun pemerintahan), anak-anak, kepolisian, dan para retailer Sunpride di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

“Kami berharap dengan adanya program #SunprideBuatKebaikan ini ada lebih banyak orang yang terbantu tercukupi kebutuhan buah dan tentunya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya konsumsi buah setiap hari untuk kesehatan,” ujar Cindyanto.

Dede Suryadi

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)