Alat Kesehatan Harus Tersebar Merata ke Seluruh Daerah

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, pemerintah Indonesia melalui Satgas Penanganan Covid-19 memberikan dukungan bantuan logistik salah satunya distribusi alat material kesehatan (almatkes) untuk kepentingan daerah.

"Baik di rumah sakit, laboratorium, untuk relawan dan juga masyarakat umum," ungkapnya, Kamis (19/11/2020). 

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi peluang ketimpangan di Indonesia akibat aksesibilitas yang berbeda-beda bagi setiap daerah sekaligus masih dalam rangka menanggulangi Covid-19.

Per tanggal 17 November 2020, Satgas Penanganan Covid-19 telah mendistribusikan berbagai jenis almatkes. Antara lain masker bedah sebanyak 24 juta lebih, masker N-95 sebanyak 6 juta unit, medical glove  sebanyak 1 juta unit, portable ventilator sebanyak 1.200 unit, rapid test sebanyak 1,1 juta unit, reagen PCR sebanyak 3,7 juta unit dan reagen RNA sebanyak 2,9 juta unit. 

Almatkes yang sudah didistribusikan ini merupakan modal bagi daerah untuk dapat semakin memasifkan 3T, yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan).

Wiku juga berpesan, agar pemerintah daerah segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat apabila menemui kendala agar dapat dicari jalan keluarnya.

"Teruntuk Satgas Covid-19 daerah, mohon bantuannya untuk memonitor ketersediaan dan cadangan almatkes di masing-masing fasilitas kesehatan di daerahnya. Jangan sampai layanan kesehatan terhambat akibat kurangnya ketersediaan alat material kesehatan," pesan Wiku. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)