Asuransi Astra, Menjaga Kesehatan Karyawan dan Pelanggan

Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk mencegah mewabahnya virus Corona. Asuransi Astra misalnya dalam rangka pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19, telah menyiapkan perlengkapan tambahan untuk menghadapi normal baru baik bagi karyawan maupun pelanggan yang datang ke unit layanan Asuransi Astra demi terwujudnya kesehatan dan kenyamanan bersama.

Selain itu, pelanggan yang hendak datang untuk mengajukan klaim ke unit layanan Asuransi Astra diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan dari tiap unit layanan Asuransi Astra, misalnya pengecekan suhu tubuh dengan thermometer scanner yang dilakukan di pintu utama gedung unit layanan, mensterilkan tangan dengan mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer, setiap pelanggan dan karyawan yang hendak memasuki area unit layanan diwajibkan untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pelanggan dan petugas wajib menggunakan masker selama pelayanan, tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain, demi tewujudnya protokol pencegahan Covid-19 yang lebih efektif, pelanggan disarankan untuk tidak datang dengan tamu non-customer sehubungan dengan adanya pembatasan jumlah customer yang masuk ke area unit layanan maksimal 50% dari jumlah kursi yang tersedia, sebagai salah satu tindakan pencegahan terjadinya kerumunan di area layanan. Apabila kapasitas area dalam gedung sudah penuh, pelanggan akan diarahkan untuk menunggu di dalam mobil masing-masing.

Laurentius Iwan Pranoto Senior VP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra

Diakui Laurentius Iwan Pranoto, Senior VP Communication Customer Service Management Asuransi Astra, pihaknya terus berusaha meningkatkan standar pelayanan yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan dari pemerintah. Perusahaan sudah membekali frontliner dengan Alat Pelindung Diri tambahan seperti masker dan face shield

Setiap frontliner yang bertugas diwajibkan untuk selalu mengenakan masker dan face shield saat bekerja di area layanan maupun saat melayani pelanggan.

Selain itu, jam operasional kantor cabang dan Garda Center pun disesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah seiring dengan anjuran physical distancing yang harus tetap diterapkan.

Asuransi Astra juga memastikan kesehatan frontliner dengan memberikan support berupa multivitamin dan melakukan pembersihan fasilitas secara berkala untuk menjamin kebersihan dan kenyamanan karyawan maupun pelanggan yang datang.

Agar layanan klaim dapat semakin mudah dan cepat diberikan, pelanggan yang hendak datang ke area unit layanan dianjurkan untuk dapat melakukan lapor klaim terlebih dahulu via aplikasi Garda Mobile Otocare. Dengan mengisi laporan klaim via aplikasi terlebih dahulu, pelanggan yang datang ke area unit layanan Asuransi Astra akan mendapatkan antrean khusus sesampainya. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat segera dilayani.

Pelanggan yang hendak datang ke area unit layanan juga dihimbau untuk memeriksa terlebih dahulu waktu operasional unit layanan Asuransi Astra yang sudah kembali beroperasi, dapat dicek melalui media sosial Asuransi Astra dan Garda Oto di Instagram.

Saat ini untuk semua unit layanan seperti kantor cabang di Jakarta tetap beroperasi, untuk unit layanan Garda Center bertahap akan kembali buka menyesuaikan dengan perkembangan kebijakan PSBB yang berbeda di setiap daerahnya.

Kebijakan normal baru dengan penerapan protokol kesehatan tentunya membuat akses pelayanan publik kepada masyarakat menjadi terbatas. Terlepas dari berbagai macam bentuk pembatasan pergerakan sosial yang ada, tidak menjadi halangan bagi Asuransi Astra untuk selalu berusaha menyesuaikan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan.

Diakui Iwan, Asuransi Astra mempunyai gugus tugas Covid-19 yang bertugas memastikan penerapan protokol, pembuatan kebijakan dan penanganan jika terjadi kasus Covid-19 pada karyawan.

Selain untuk pelanggan, karyawan pun menerapkan protokol kesehatan ketat dan aturan-aturan lain tentang penanganan Covid-19, contoh skema Work from Home-Work from Office, jaga jarak (antri kantin, lift, penggunaan ruang meeting dan lain-lain), menggunakan masker, penyediaan cuci tangan di beberapa titik.

Iwan menambahkan, edukasi tentang Covid-19 terus dilakukan melalui email blast, pemasangan poster, webinar, koordinasi dengan atasan dan lain-lain berjalan cukup efektif sehingga Asuransi Astra hingga saat ini mampu melakukan penanganan pandemi dgn baik.

Diakui Iwan yang menjadi tantangan sebetulnya dari sisi partner asuransi. Contoh saat Pembatasan Sosial Berskala Besar awal di DKI, bengkel tidak boleh buka, Agen Pemegang Merek juga beroperasi terbatas. Hal ini berpengaruh juga ke supply parts dan pengerjaan mobil yang klaim dan sudah masuk bengkel.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)