Begini Super Indo Melayani di Era Pandemi

Sejak pandemi Covid-19 melanda, kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan meningkat, termasuk pada produk-produk yang dibeli. Ada suatu kebutuhan baru dalam berbelanja, yaitu terkait kehigienisan produk, termasuk dalam penyajian dan pendistribusiannya yang harus sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Sebagai supermarket yang menjual kebutuhan konsumsi rumah tangga, Super Indo dalam menjalankan aktivitas bisnisnya saat ini menerapkan sejumlah langkah untuk mewadahi kebutuhan baru tersebut. Pertama, meningkatkan kualitas layanan dengan tidak semata menonjolkan unsur fresh, tetapi juga higienitas.

Johan Boeijenga, CEO Super Indo, mengatakan, di tengah pandemi ini Super Indo menjaga produk-produk yang ada di gerainya seperti sayur, daging, dan buah agar selalu segar dan telah memenuhi standar keamanan pangan.

“Kami menerapkan berbagai protokol kesehatan dan keamanan yang dianjurkan pemerintah dan WHO selama pandemi di seluruh gerai kami,” ujar Johan.

Di tengah pandemi ini, supermarket termasuk fasilitas yang bisa tetap beroperasi dan tetap ramai dikunjungi, bahkan aktivitas berbelanja konsumen meningkat.

Untuk itu, yang kedua, Super Indo berupaya keras menjaga ketersediaan barang dengan melakukan koordinasi secara intens dengan para pemasok serta memastikan proses product handling di distribution center dan semua gerai untuk memenuhi standar kesehatan dan keamanan. Johan mengatakan, kemampuan untuk secara konsisten memenuhi suplai barang-barang yang dibutuhkan di masa pandemi dan menjaga kestabilan harga berperan penting dalam membentuk persepsi positif pelanggan dan masyarakat.

Selain itu, kondisi masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga meningkatkan kebiasaan memasak sendiri juga ditangkap oleh Super Indo. Maka yang ketiga, Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, melanjutkan, pihaknya menyediakan layanan aplikasi online shopping, antara lain melalui Happy Fresh dan Grab Groceries. Juga, selama Ramadan lalu, Super Indo menyediakan layanan pre-order pemesanan daging dan hampers melalui WhatsApp.

“Super Indo juga memberikan promo spesial pada produk yang banyak dicari dan dibutuhkan pelanggan selama masa pendemi, misalnya frozen food, sayur, buah, daging, serta bumbu masak instan,” kata Yuvlinda.

Di samping meningkatkan kualitas layanan, supermarket yang memiliki total 179 gerai ini juga menjalankan empathic marketing. Mereka mengambil bagian dalam memberikan dukungan terkait penanganan Covid-19. Di antaranya, dalam bentuk ambulans khusus infeksi Covid-19, alat pelindung diri (APD), dan sembako yang telah dan akan disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai program kemitraan, termasuk dengan institusi kesehatan, pemerintah (Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19), dan organisasi lainnya seperti Yayasan BenihBaik.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)