Cakupan Vaksinasi di Daerah Penyelenggara PON XX Papua Sudah 60 Persen Lebih

Pemerintah pusat dan daerah memastikan bahwa lokasi penyelenggaraan PON XX berada di zona yang relatif aman (Ilustrasi: dok.KPCPEN)

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memperhatikan aspek kesehatan secara seksama. Saat ini, cakupan vaksinasi COVID-19 di 5 daerah penyelenggara secara keseluruhan telah 60%. Vaksin dosis pertama telah diterima 406.531 orang atau sebesar 62% dari sasaran vaksinasi yang mencapai 648.622 orang. Vaksin dosis kedua sudah diterima sebanyak 253.474 orang (39% dari sasaran vaksinasi).

Pemerintah pusat dan daerah memastikan bahwa lokasi penyelenggaraan PON XX berada di zona yang relatif aman. Saat ini, daerah yang menyelenggarakan masuk ke dalam wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 atau berkategori terkendali.

Seluruh  sarana  dan  prasarana  (sarpras)  pada  ajang  PON  XX di Kabupaten Merauke, Papua sudah  diuji-coba dan disterilkan dengan penyemprotan disinfektan dan pelaksanaan akan dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat yang berkiblat pada kesuksesan Olimpiade Tokyo 2020. Dengan demikian jumlah penonton juga dibatasi serta ada physical distancing antar penoton.

Terdapat lima cabang olahraga (cabor) yang akan digelar di Kabupaten Merauke antara lain Bermotor, Catur, Wushu, Anggar, dan Sepakbola Putri.  "Sarpras  pendukung  untuk  olahraga  cabang  bermotor  malah  sudah  uji  coba.  Sudah beberapa kali digunakan untuk piala bupati," tutur Bupati  Merauke Romanus  Mbraka  dalam  acara  Diskusi  Forum  Merdeka  Barat  9  ) yang  digelar secara   virtual   bertajuk  ‘Papua   Siap   Gelar   PON   XX   2021’ beberapa waktu lalu.

Pihaknya optimistis penyelenggaraan PON XX Papua dapat berjalan dengan lancar pada beberapa  waktu  ke  depan.  Sebab,  berbagai  persiapan  yang  telah  dilakukan  oleh pemangku    kepentingan    terkait    sudah    dipersiapkan    dengan    optimal,    untuk menyukseskan perhelatan olahraga bergengsi tingkat nasional tersebut.

Terkait  penanganan  COVID-19  di  saat  perhelatan  acara  tersebut,  pihaknya  akan memberlakukan  tes polymerase  chain  reaction (PCR)  bagi  setiap  masyarakat  yang akan  menjadi  bagian  dari  ajang  olahraga  tersebut.  Dari  mulai  atlet  hingga  para penonton yang datang untuk mendukung kontingennya.

Kemudian,  penduduk  yang  berada  di  wilayah  perkotaan  di  Kabupaten  Merauke  akan dilakukan  vaksinasi  sebelum  perhelatan  olahraga  tersebut  digelar  dalam  beberapa waktu  ke  depan.  Mulai  saat  ini,  sudah  dilakukan  langkah  percepatan  vaksinasi  yang dilakukan oleh pemangku kepentingan yang terkait.  “Kami sedang   siapkan   serbuan   vaksinasi   kepada   penduduk   yang   berada   di   wilayah perkotaan di Merauke,"tegas Bupati Merauke.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)