Covid 19

Cara Fabelio Beradaptasi di Situasi Pandemi

Walaupun sempat mengalami perlambatan pertumbuhan bisnis di awal masa pandemi Covid-19 akibat dampak PSBB yang mengharuskan penutupan experience center, Fabelio mencatatkan pertumbuhan penjualan online yang tinggi di tengah pandemi ini, bahkan tertinggi sejak berdiri tahun 2015.

Marshall Tegar Utoyo, CEO Fabelio, mengatakan, pihaknya mengambil langkah memperkuat penjualan online melalui website. Ini dilakukan, kata Marshall, karena lebih dari 90\% pengunjung experience center adalah mereka yang mengakses produk dari website. Penguatan dilakukan salah satunya dengan menghadirkan Virtual Assistant yang dikerjakan oleh para karyawan.

Fungsi Virtual Assistant untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan di website. Fabelio memindahkan semua karyawan untuk melayani via website sebagai Virtual Assistant. Marshall mengatakan, inovasi ini dapat membantu pelanggan belanja lebih mudah, dilihat dari adoption rate Virtual Assistant meningkat secara signifikan.

“Kami tidak mengurangi jumlah karyawan saat penutupan experience center di awal pandemi, tapi kami memutuskan untuk memperkuat layanan website di mana mereka akan bertugas sebagai Virtual Assistant,” jelasnya.

Memasuki PSBB transisi, Fabelio mengalami peningkatan penjualan secara online hampir 50\% setiap bulannya mulai dari bulan April hingga Juli 2020.

Perusahaan bidang desain furnitur dan interior ini juga optimistis untuk membuka lagi experience center. Pada November ini Fabelio mengumumkan pembukaan di tiga lokasi yaitu Surabaya (Jawa Timur), Pamulang (Tangerang Selatan), dan Sentul (Bogor).

Untuk memastikan keamanan pelanggan di experience center, Marshall menjelaskan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh karyawan dan pelanggan. Beberapa di antaranya, seluruh pengunjung dan karyawan diwajibkan menggunakan masker di area experience center, demikian juga untuk karyawan di area kantor maupun Gudang.

Selain itu, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area experience center, penggunaan cairan desinfektan yang tersedia di luar sebelum memasuki area , menerapkan jaga jarak aman baik untuk pelanggan maupun karyawan saat berkonsultasi, dan pihaknya juga memastikan pembersihan berkala untuk setiap koleksi bahan dan material dengan menggunakan cairan desinfektan baik di experience center, kantor, dan gudang.

“Protokol kesehatan berlaku untuk semua experience center di setiap kota. Sehingga dalam hal prosedur dan pelaksanaannya juga serupa. Demi kenyamanan dan keamanan saat berbelanja,” ujar Marshall.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved