CCAI Terdorong ke Sistem Digital di Saat Pandemi Covid-19

Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) secara konsisten dan maksimal terus melakukan berbagai upaya pengendalian, penanganan, dan pencegahan terhadap Covid-19 dalam proses bisnisnya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Armytanti Hanum Kasmito, Regional Corporate Affairs Manager Coca-Cola Amatil Indonesia, CCAI telah memberlakukan kebijakan work from home (WFH) sejak bulan Maret 2020 khusus untuk karyawan yang bekerja di back office. "Namun kantor tetap dibuka bagi para karyawan CCAIA yang membutuhkan tempat untuk bekerja dengan ketentuan khusus yang wajib dipatuhi,” ujar Army. 

Selain jumlah karyawan yang bekerja di kantor dibatasi maksimum 25% dari kapasitas, karyawan yang akan bekerja di kantor juga diharuskan melapor dahulu ke Kepala Gugus Tugas dan HR Manager setempat terkait jadwal kedatangan dan kesiapan  untuk bekerja di kantor dengan pemberitahuan 24 jam sebelumnya dan mendapat persetujuan pimpinan masing-masing departemen paling lambat 24 jam sebelum hari masuk. 

Selain itu, karyawan juga wajib mengisi Self-Assessment Form dengan jujur sesuai keadaan sebenarnya dan selama berada di kantor harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan mengukur suhu tubuh dan harus kurang dari 37,3 derajat celicus. “Kesehatan karyawan adalah yang paling utama,” katanya.

Untuk tetap menjaga produktivitas pekerjaan, beberapa departemen telah beralih ke sistem digital dan virtual, antara lain, finance dan HR, seperti untuk menjaga efektifitas komunikasi dalam melakukan koordinasi pekerjaan, pertemuan tatap muka dilakukan menggunakan sistem internal virtual meeting

Digitalisasi pekerjaan juga  diterapkan  dalam hal proses penyampaian komunikasi program promosi tim penjualan melalui komunikasi digital, via chat, social media, website, aplikasi digital dengan pihak ketiga, dan sebagainya. “Dengan aplikasi komunikasi melalui sistem digital ini memberikan kemudahan dan membantu mempercepat penyampaian informasi,” katanya.

Selain itu, beberapa sistem pembayaran yang berkaitan dengan CCAI sekarang hampir seluruhnya menggunakan sistem digitalisasi," tambah Army.

Semangat Fighting Fit yang diterapkan CCAI  diimplementasikan ke dalam semangat gotong royong  dan adaptasi terhadap perubahan yang harus dihadapi di antaranya saling mendukung antar semua tim untuk mencapai hasil terbaik, kreatif dalam mencari potensi lain di pasar yang semakin dinamis, konsisten membina hubungan komunikasi dengan pelanggan, dan  semua departemen CCAI ikut terjun membimbing garda terdepan sebagai support semangat.

Walaupun sedang masa pandemi,  kinerja bisnis dan produktivitas CCAI menurut Army tetap menjadi fokus yang utama tanpa mengesampingkan penerapan protokol kesehatan karyawan 

"Kami juga memonitor kinerja bisnis dengan komunikasi yang intens di dalam maupun di luar Departemen,” tuturnya.

Dengan mengikuti penerapan protokol kesehatan dari panduan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan dan peraturan yang sesuai dengan kebijakan lokal Provinsi melalui Pergub 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru,  CCAI sudah membentuk Satgas khusus penanganan Covid-19 di area masing-masing operasional di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)