Cegah Covid-19, The Alana Hotel Rapid Test Karyawan Setiap Bulan

(Dok. The Alana Hotel)

Beberapa upaya dilakukan oleh The Alana Hotel dalam menjaga dan meningkatkan kebersihan hotel selama masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hotel di bawah naungan Archipelago International ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap semua kegiatan operasionalnya. Dengan demikian, diharapkan mampu memberikan kepercayaan dan rasa nyaman kepada masyarakat yang akan berkunjung.

Meirani Handayani selaku Director Of Sales Marketing The Alana Sentul mengatakan, pihaknya telah mendapatkan dua stamp penting untuk memastikan keselamatan dan kesehatan tamu serta karyawan yakni Safe Travels & All Employees Covid-19 Tested.

Sertifikasi 'Safe Travels' dikeluarkan World Travel & Tourism Council (WTTC), sebagai pengakuan atas komitmen perusahaan yang telah mengadopsi protokol standar global kesehatan dan kebersihan.

"Artinya tidak ada lagi keraguan tentang bagaimana upaya kami mencegah Covid-19. Kami tidak hanya melindungi para tamu, tetapi juga staf dengan melakukan rapid test secara berkala setiap bulannya untuk seluruh staf," ujarnya.

Untuk lebih menjaga higienitas atau kebersihan, manajemen juga telah memerintahkan kepada para staf untuk tidak saling berjabat tangan antara sesama staf atau pun dengan tamu. Saat ini setiap karyawan terbiasa menggunakan salam Sansekerta yaitu “Namaste”.

"Kami juga menginstruksikan semua staf untuk menjaga jarak sejauh 1 meter ketika berbicara dengan yang lain ataupun dengan tamu. Semua upaya ini kami lakukan guna membuat para tamu dan karyawan kami nyaman dan merasa aman,” papar dia.

Selain itu, protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh The Alana Sentul di antaranya pengecekan suhu tubuh saat pertama kali masuk ke area hotel, penyemprotan disinfektan untuk tas/koper yang dibawa oleh tamu sebelum memasuki lobby, pemberian jarak 1,2 meter pada setiap antrean maupun jarak antara bangku di ruang rapat dan restauran.

The Alana Sentul juga sudah menerapkan cashless payment, penyediaan barcode untuk mengakses dan memesan menu makanan restaurant untuk mengurangi kontak fisik. Tamu yang memasuki area hotel wajib memakai masker, dan tersedia pula hand-sanitizer yang dapat di temukan di setiap ruangan.

"Pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan kepada semua staf saat mereka tiba di tempat kerja. Setiap staf yang batuk tidak diizinkan untuk bekerja dan bagi yang merasa kurang sehat disarankan untuk tinggal di rumah. Semua staf Kitchen kami memakai masker wajah dan sarung tangan karet," jelasnya.

The Alana Sentul mempunyai jadwal khusus untuk penyemprotan disinfektan pada setiap ruangan dan fasilitas. Penyemprotan ini dilakukan berkala setiap harinya sehingga tamu dan karyawan mempunyai rasa aman dan nyaman selama di hotel.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)