Covid 19

Coco Group Batasi Karyawan dan Pengunjung Toko

Pemilik Coco Group, Nengah Natyanta dan Ni Ketut Siti Maryati.

Dampak pandemi Covid-19 dirasakan bagi Coco Group. Perusahaan milik pasangan suami istri Nengah Natyanta dan Ni Ketut Siti Maryati harus merumahkan karyawan. Akibat Covid-19 pemilik jaringan bisnis toko ritel Coco Group seperti Coco Mart, Coco Supermarket, Coco Express , Coco Roti dan Coco Gourmet, jaringan hotel Natya Hotel dan Natya Resort, Natys Restaurant, Bistro, Spa hingga Art Market harus merumahkan sekitar 1.600 orang dari sebelumnya 2.800 orang karyawan yang tersebar di semua lini usahanya. Bukan hanya itu, Natya dan Siti juga terpaksa menutup 30 outlet dari 100 lebih toko ritel yang dimilikinya.

“Kami menutup sementara 30 toko yang salesnya sangat kecil karena turunnya daya beli masyarakat. Daripada minus terus yang akan mengganggu kinerja secara keseluruhan. “Kami akan buka kembali bila situasi sudah normal,” kata Siti.

Untuk toko yang masih buka, di era new normal, Siti menerapkan protokol kesehatan ketat. Di depan pintu masuk setiap outlet dan kantor selalu tersedia tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun dan pengering serta hand sanitizer.

Selain itu, setiap tamu/pengunjung juga diwajibkan cek suhu tubuh sebelum memasuki area toko atau kantor, dan wajib memakai masker dengan benar.

Bahkan, untuk menjaga jarak aman karyawan yang bekerja di kantor maupun di toko dibatasi 50\% secara bergilir. Begitu pengunjung yang masuk toko juga sangat dibatasi dibandingkan sebelum pandemi.

Siti juga membentuk team khusus yang bertugas mengontrol dan memastikan SOP protokol Covid-19 sudah dijalankan. “Tidak ada toleransi bagi yang melanggar SOP,” tegasnya.

Diakui Siti, Coco Group juga menerapkan work from home (WFH), namun tetap memberikan target kerja dan secara reguler melakukan meeting secara online.

Sebagai bentuk support dan tanggung jawab perusahaan terhadap kesehatan seluruh karyawan, Siti memberikan fasilitas sesuai protokol kesehatan seperti masker, face shield, hand sanitizer.

Sedangkan untuk meminimalkan kontak pelanggan dengan karyawan, pihaknya membuat terobosan penjualan secara online baik groceries maupun fresh, juga memberikan layanan antar gratis ke pelanggan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved