Destinasi Wisata Selorejo Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Covid-19

Pandemi Corona yang telah menghantam Indonesia sejak bulan Maret 2020 lalu, memaksa beberapa destinasi wisata berhenti beroperasi.

Salah satu destinasi wisata yang sempat tutup selama 5 bulan awal penyebaran virus adalah wisata Bendungan Selorejo di Jawa timur yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta I. Namun, saat ini, destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan waduk di kecamatan Ngantang, Malang, ini sudah bisa dikunjungi kembali oleh para wisatawan.

“Kami sudah mulai buka sejak bulan September lalu. Namun, dengan penerapan protokol kesehatan ketat yang dilaksanakan untuk semua karyawan dan mitra usaha pedagang serta pengemudi perahu yang dilengkapi dengan masker dan face shield," kata Kepala Kepala Sub Divisi Pariwisata dan Jasa Lain Perum Jasa Tirta I, Inni Dian Rohani.

Dalam penerapan protokol kesehatan, pihaknya memasang himbauan di seluruh area hotel dan taman wisata untuk wajib menggunakan masker, melakukan jaga jarak, dan mencuci tangan. Selain menyebarkan himbauan, manajemen juga membentuk tim atau petugas yang ditugaskan untuk mengingatkan pengunjung agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Petugas pengawasa protokol kesehatan ini yang diberinama Covid Rangers.

Kapasitas wisatawan yang bisa ditampung oleh Taman Wisata Selorejo pada hari biasa bisa mencapai 10 ribu pengunjung. Namun, di era adaptasi baru ini, jumlah pengunjung dibatasi menjadi 5 ribu pengunjung per harinya. "Pembatasan jumlah pengunjung yang hanya separuh dari kapasitas ini sudah kami ujicobakan. Syaratnya, apabila berkunjung adalah dalam kondisi sehat. Di pintu masuk ada pengukuran suhu dan mengisi buku tamu tentang riwayat data diri," kata dia menambahkan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)