Dinkes Palembang Gandeng Gojek untuk Kirim Obat & Surat Rujukan ke Rumah Pasien

Sebagai bagian dari upaya untuk memitigasi penyebaran Covid-19 saat ini dan proses adaptasi terhadap tatanan kehidupan yang baru, Gojek berupaya untuk bisa diandalkan dalam berbagai situasi melalui pemanfaatan teknologi digital. Salah satunya kerja sama dengan Dinas Kesehatan di Kota Palembang untuk mengirimkan obat-obatan yang dibeli oleh pelanggan.

Dengan kolaborasi ini diharapkan akan mempermudah masyarakat Palembang mendapatkan obat-obatan yang dikeluarkan oleh sejumlah puskesmas di Kota Palembang. Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam peluncuran inisiatif pengiriman obat-obatan dan surat rujukan dengan menggunakan layanan Gosend di 41 puskesmas di seluruh wilayah kota Palembang.

Inisiatif pengiriman obat-obatan dan surat rujukan dari puskesmas dengan menggunakan layanan Gosend kepada palanggan ini diklaim merupakan yang pertama di Indonesia. Erika Agustine, Vice President Regional Sumbagsel Gojek Indonesia berharap, dengan adanya kolaborasi ini bisa mengurangi kontak fisik dan menekan laju penyebaran Covid-19.

“Gojek hadir untuk memudahkan masyarakat menyelesaikan berbagai friksi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan Pemerintah Kota Palembang terhadap layanan Gojek," ujarnya.

Adapun untuk mengakses layanan pengiriman obat dan surat rujukan dari puskesmas ini diantaranya, pasien cukup membuka https://linktr.ee/PuskesmasPLM dan memilih puskesmas dengan lokasi terdekat dengan pasien atau puskesmas sesuai dengan faskes BPJS pasien. Kemudian, pasien secara otomatis akan terhubung dengan Whatsapp Customer service yang dipilih. Pasien akan konfirmasi dengan customer service untuk pengambilan obat / surat rujukan.

Selanjutnya, call center akan menyiapkan pesanan dan melakukan order Gosend ke alamat pasien jika pasien bersedia untuk diantar melalui Gosend. Customer service (CS) menyiapkan pesanan pasien, menginfokan biaya pengiriman dan meminta alamat lengkap untuk pengiriman. Biaya pengiriman dibayar oleh pasien di alamat yang dituju. Jika pasien memesan obat, harus menyertakan kartu KIS/BPJS dan dokumen yang dibutuhkan, lalu difoto dan dikirim lewat whatsapp kepada CS.

Erika menegaskan, dalam menjalankan layanan Gosend ini, seluruh mitra Gojek wajib mengedepankan protokol kesehatan dengan menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya bagi mitra Gojek.

Kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang ini telah dimulai dengan pilot project di 6 puskesmas sejak kuartal terakhir tahun lalu. Hal ini dinilai penting untuk mengukur kesiapan kedua belah pihak dalam memberikan layanan kepada publik yang lebih luas.

"Berdasarkan pilot project tersebut, hasilnya cukup memuaskan dan memperlihatkan bahwa layanan pengiriman obat dan surat rujukan ini sangat membantu masyarakat mengatasi friksi sehari-hari," kata Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera Bagian Selatan, Kenn Lazuardhi Syarnubi.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo pun menyampaikan apresiasinya kepada Gojek yang sudah berkontribusi terhadap akses obat kepada masyarakat di Palembang. "Seperti inilah teknologi bisa bermanfaat untuk orang banyak. Bisa berkontribusi kepada publik secara luas. Apalagi aplikasi ini terbesar di Asia Tenggara, tentu lebih dari cukup untuk melayani 1,7 juta warga Palembang,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)