GB Sanitaryware Donasi APD untuk RSD Wisma Atlet

Germany Brilliant (GB) Sanitaryware, merek produk perlengkapan rumah membantu pemerintah RI menekan penyebaran virus corona dengan menyumbang baju Alat Pelindung Diri (APD) 500 unit, kacamata pelindung wajah dan masker kepada RS Darurat penanganan Covid-19 Wisma Atlet di Kemayoran.

Aksi sosial ini diapresiasi AKBP Drs. H. Sunarto, M.Si, Apt,  Kepala Bagian Instalasi Farmasi RSD Wisma Atlet. “Alhamdulilah bantuan setiap hari ada saja baik dari APD maupun makanan. Tetapi ada baiknya jika ada yang ingin memberikan sumbangan APD harus memenuhi syarat yang langsung berhubungan dengan pasien. Seperti dokter dan perawat yang kontak langsung dengan para pasien,” ujar Sunarto.

Sunarto mengatakan, banyak donasi APD yang diberikan, tetapi tidak memenuhi syarat karena pori-pori bahannya terlalu besar, sehingga dokter dan perawat tidak mau memakainya karena khawatir virusnya akan masuk ke tubuh. “Selain APD kami juga membutuhkan masker N95, kacamata, sepatu boot dan lainnya.  Hal ini kami sampaikan agar masyarakat dan perusahaan yang ingin berdonasi tepat sasaran,” tuturnya.

Walau demikian Sunarto mengatakan bahwa APD dan peralatan lain yang sudah terlanjur masuk jika tidak memenuhi standar, tetap digunakan khusus di tower Zona Hijau yang dipakai untuk cleaning servis, tukang masak dan lain-lain.

Ia menguraikan bahwa dalam sehari di RSD Wisma Atlet rata-rata masuk 500 pasien, bahkan pernah 1.000 pasien, pastinya dokter dan perawat sehari membutuhkan 500 pakaian APD, yang setelah dipakai langsung dibuang.

“Selain itu kami juga butuh sekali alkohol, yang dalam sehari memerlukan 350 liter alkohol, untuk digunakan setelah dokter dan perawat selesai menangani pasien, akan disemprotkan alkohol yang telah dicampur menjadi desinfektan,” katanya.

Sheilla Fitri, Corporate Communication GB Sanitaryware, sumbangan APD ini tidak banyak, namun sesuai dengan standar SNI dan Kemenkes RI. "Sebelum kami memberikan donasi ini, kami ke sini dulu membawa APD, agar apa yang kami donasikan ini memang benar-benar dibutuhkan oleh para dokter dan perawat,” terangnya.

Sebelumnya, GB Sanitaryware melakukan bakti sosial dengan memberikan paket sembako untuk warga Medan Satria Bekasi.  Yapto Wijaya SH, General Manager GB Sanitaryware, menjelaskan, “Banyak dari masyarakat khawatir jika ingin memberikan bantuan ke Wisma Atlet berada di zona merah. Padahal tidak, ini berbeda gedung bahkan jauh.”

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)