Grab dan RS Lancang Kuning Tingkatkan Prokes dan Ekonomi Mitra Driver

Peluncuran program kerjasama RS Lancang Kuning dengan PT. Grab Teknologi Indonesia. (dok. Dompet Dhuafa)

Rumah Sakit (RS) Lancang Kuning Pekanbaru bermitra dengan Grab Indonesia untuk mendukung protokol kesehatan (prokes) sekaligus pemberdayaan ekonomi. Direktur RS Lancang Kuning dr. Pradipta Suarsyaf menyatakan, sinergi ini memiliki dua misi penting yaitu kesehatan dan ekonomi. "Bidang kesehatan mendukung protokol kesehatan masyarakat dan di bidang ekonomi mendukung mitra driver Grab Pekanbaru,” ujarnya dalam keterangan resmi akhir pekan lalu.

Melalui kemitraan kesehatan, masyarakat yang ingin melakukan skrining Covid-19 di RS Lancang Kuning dapat menghubungi Customer Care, lalu datang untuk pemeriksaan, dan bisa langsung pulang tidak perlu menunggu hasil tesnya. Hal ini karena RS melalui kerja sama dengan Grab mengantarkan langsung hasil rapid test tersebut ke alamat yang sudah disepakati diawal tanpa tambahan biaya. Sehingga waktu tunggu masyarakat di RS berkurang dan bisa segera kembali ke rumah atau kantor.

Hal ini diharapkan dapat menurunkan kemungkinan terinfeksi virus Covid-19. Bagi masyarakat yang rapid test untuk kepentingan penerbangan Hasil Test nya dapat terintegrasi dengan aplikasi eHAC Indonesia, sehingga tidak perlu lagi validasi di bandara.

Selain mendukung protokol kesehatan, program ini memiliki tujuan pemberdayaan ekonomi bagi driver Grab Indonesia khususnya di Kota Pekanbaru yang mengantarkan dokumen kepada masyarakat yang melakukan tes di RS Lancang Kuning. Masyarakat di Pekanbaru tidak perlu khawatir tentang kerahasiaan data sebab dokumen tersebut tersegel dan driver Grab akan menjalankan protokol kesehatan dalam pengiriman dokumen tersebut. Dari kolaborasi ini diharapkan dapat juga menyejahterakan driver Grab di Kota Pekanbaru.

Dalam kerja sama itu juga dicanangkan program rapid test gratis untuk 100 mitra driver Grab Pekanbaru. Hal ini sebagai wujud dukungan melalui dana kemanusiaan Dompet Dhuafa Riau menghadapi pandemi ini juga bisa dirasakan manfaatnya oleh mitra driver Grab Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Mohd. Noer memberikan apresiasi atas terselenggaranya kerja sama ini. "Kerja sama inovatif ini dalam mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)