Grup ANJ Vaksinasi Pegawai di Sorong Selatan

Pegawai Grup ANJ divaksinasi oleh tenaga kesehatan di Sorong Selatan, Papua Barat. (Foto : ANJ).

Demi mencegah penularan Covid-19 di Kais Kabupaten Sorong Selatan, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) atau Grup ANJ bekerja sama dengan Puskesmas Kais melaksanakan vaksinasi perdana untuk 30 orang pegawai PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT ANJ Agri Papua (ANJAP) di Sorong Selatan, Papua Barat pada pekan lalu. Kepala Puskesmas (Kapus) Kais, Ratna Dewi Mambor., AMK, menyatakan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bagian dari tahapan pelaksanaan vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan bentuk dari vaksinasi untuk pelayanan publik.

“Vaksinasi yang dilaksanakan ini diharapkan membentuk daya tahan tubuh (anti body) sehingga dapat mencegah serta memutus mata rantai penyebaran virus corona dan akan dilakukan dua kali. Setelah menerima penyuntikan pertama, 14 hari kemudian akan dilakukan penyuntikan kedua agar vaksin bekerja maksimal untuk pembentukan kekebalan tubuh,” kata Ratna pada siaran pers di Sorong Selatan, Jumat (19/3/2021).

Tenaga kesehatan di puskemas ini mengikuti pelatihan dari Makassar dan pelaksanaan program vaksinasi diawasi dengan pendampingan dari Dinas Kesehatan.  Senada dengan Kepala Puskesmas Kais, dr. Fajar Jayapria, East Area Docter  di ANJ, menyatakan bahwa 30 orang yang telah divaksinasi suntikan yang pertama ini merupakan prioritas karena sering berinteraksi dengan masyarakat dan memiliki mobilitas cukup tinggi karena pekerjaannya.

Ia berharap agar 30 orang yang telah dilakukan vaksinasi dapat menjadi Duta Vaksinasi bagi masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya di Kampung Benawa, Sumano, Puragi, Tawanggire, Saga, Habayo dan Kampung Baru Giamarema. Agar masyarakat pun lebih memahami tentang vaksinasi Covid sebagai cara memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

Sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019, Puskesmas Kais pun menerapkan 4 alur meja yang harus dilalui sebelum di vaksinasi Covid-19. Peserta akan diregistrasi dan dilakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta serta melakukan pemeriksaan fisik seperti pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah, termasuk observasi 30 menit pasca di vaksinasi.

Terkait pelaksanaan vaksinasi, GM PT Permata Putera Mandiri (PPM), Ali Dinar Nur, menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 ini menjadi harapan bagi masyarakat di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 dan segenap karyawan Grup ANJ di Papua pun berkomitmen mencegah penyebaran Covid-19 di areal kerja perusahaan dan perkampungan sekitarnya. “Semoga semua berjalan lancar dan terima kasih untuk tim dari Puskesmas Kais yang telah datang, harapannya semua sehat,” kata Ali. Tim yang terdiri dari Kepala Puskesmas Kais, dokter Puskesmas dan didukung 3 tenaga kesehatannya sebelum pelaksanaan vaksinasi juga memberikan sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)