Halodoc dan Gojek Hadirkan Layanan Drive Thru Vaksinasi Covid-19

Kementerian Kesehatan RI telah menunjuk Halodoc untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 melalui mekanisme drive thru. Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dibuka hari ini, 3 Maret 2021.

Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, tahap awal vaksinasi Covid-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Halodoc akan memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan Covid-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi. Sementara Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

"Jadwalnya (vaksinasi) 15 bulan tetapi Bapak Presiden meminta agar kita bisa selesai dalam 12 bulan. Untuk bisa melakukan eksekusi itu, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri. Kami harus bersama-sama dengan berbagai pihak termasuk swasta untuk mempercepat proses vaksinasi," ujar Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada acara peresmian Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui drive thru Halodoc, Rabu (03/03/2021).

Jonathan Sudharta, CEO & Co-founder Halodoc pun percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target program vaksinasi Covid-19 pemerintah di tahun ini. "Ekosistem Halodoc juga akan selalu siap berkontribusi, terlebih mengingat layanan drive thru kami yang telah tersedia di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota di Indonesia," katanya.

Program vaksinasi Covid-19 ini juga diharapkan akan membantu mitra driver termasuk mitra driver lansia di tahap awal ini, sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional, agar terlindungi dari paparan virus Covid-19. Sebagai informasi, pemerintah telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, setelah pemberian vaksin kepada seluruh tenaga kesehatan.

"Kami harap mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Kevin Aluwi selaku Co-founder dan Co-CEO Gojek.

Untuk mengakses layanan vaksinasi Covid-19 melalui drive thru, masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, memilih banner “Drive Thru Vaksinasi Covid-19”. Kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc. Informasi Vaksinasi Covid-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)