Hokben Bentuk Komite Khusus Rumuskan Operasional Selama Pandemi

Merespons munculnya kasus Covid-19 di Indonesia pada Maret lalu, PT Eka Bogainti yang menaungi merek HokBen dengan sigap mengambil langkah cermat untuk membatasi penyebaran virus di wilayah usahanya.

“Kami langsung membentuk Komite Covid-19 di dalam perusahaan dan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat di lingkungan usaha, baik di pabrik , support center office building maupun di seluruh store HokBen,” jelas Kartina Mangisi Simanjuntak, PR Manager PT Eka Bogainti.

Komite di bawah arahan langsung pimpinan eksekutif ini bertugas untuk merumuskan, menjalankan, dan melaporkan tentang berbagai kebijakan di lingkungan perusahaan dalam merespons setiap kondisi yang terkait dengan pencegahan dampak Covid 19 di dalam perusahaan. Komite yang melibatkan GM dan seluruh Senior Manager ini juga secara aktif melakukan sosialisasi, implementasi dan pengawasan protokol kesehatan.

“Tim Komunikasi Komite Covid-19 sendiri secara aktif melakukan sosialisasi melalui email blast kepada karyawan setiap minggunya dalam bentuk sharing data dan informasi, himbauan, maupun update mengenai kebijakan dan arahan terbaru dari Komite,” jelas Kartina.

Secara umum protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan HokBen adalah pengecekan suhu, mencuci tangan, sterilisasi seluruh properti yang ada di lingkungan pekerjaan, mewajibkan penggunaan masker dan face shield, menjaga jarak, dan pengaturan kelompok kerja.

Secara khusus, protokol pencegahan di PT Eka Bogainti  dilakukan berlapis. Pertama, berkaitan dengan shift karyawan yang diizinkan masuk dan/atau bekerja. Setiap karyawan diwajibkan mengisi identifikasi resiko setiap bulannya, hanya karyawan dengan resiko rendah dari paparan Covid-19 yang diizinkan masuk ke kantor. Ibu hamil, menyusui, maupun karyawan yang memiliki penyakit bawaan dihimbau bekerja dari rumah.

Kemudian, karyawan masuk adalah yang menggunakan kendaraan pribadi atau diantar oleh anggota keluarganya atau bersama dengan rekan satu kantor untuk hadir di lokasi kerja. Hanya karyawan dalam kondisi sehat dan fit yang diperkenankan hadir di kantor. Apabila karyawan tersebut baru sembuh dari sakit, maka tetap diajurkan untuk beristirahat minimal 3 hari dari waktu kesembuhannya sebelum mendapat ijin bekerja dari kantor.  

Sebelum bekerja dan selesai bekerja, karyawan wajib melakukan desinfeksi tempat kerja masing masing, baik meja, kursi, dan komputer. Desinfeksi minimal 3 kali sehari juga dilakukan terhadap seluruh fasilitas umum, misal: ruang meeting, mushola, toilet, dan barang-barang yang sering disentuh oleh banyak orang.

Selama beraktivitas di area kerja, karyawan wajib tetap menggunakan masker, secara rutin membasuh tangan dengan disinfektan yang disediakan, selalu menjaga jarak, mengikuti jalur/marka yang ada di lingkungan kerja, dan setelah menggunakan atau menyentuh benda yang berpotensi pernah digunakan oleh orang lain langsung membasuh tangan dengan desinfektan yang disediakan.

Kartina juga memaparkan, karyawan mendapatkan pemeriksaan rutin dilakukan setiap dua minggu sekali dalam bentuk rapid test bagi seluruh karyawan di Plant dan Support Center Office. Perusahaan juga membagikan masker, face shield, vitamin C dan menyelenggarakan olahraga pagi outdoor kepada seluruh karyawan sebagai layanan penunjang untuk menjaga kesehatan dan imunitas.

Untuk mengimbangi perubahan pola konsumen, Hokben melakukan inovasi produk dan promo. Salah satunya adalah dengan mengimprovisasi layanan pesan-antar online dan menyediakan Hokben Apps yang mudah dan informatif. Kartina menjelaskan, makanan pesanan konsumen dikemas secara Double Double. Setiap menu box akan ditempelkan safety sticker dan dimasukkan dalam kantong yang diikat dengan kabel pengikat, dan dilapis lagi dengan kantong yang diikat kembali dengan kabel pengikat.

“Visi kami adalah membawa kebakikan untuk memelihara kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan yang berintegritas. Melalui inovasi dan teknologi, HokBen pasti akan melakukan perkembangan bisnis yang tentunya memberikan nilai tambah bagi pelanggan setia dan seluruh pemangku kepentingan Hokben,” jelas Kartina.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)