Hotel Papandayan Rutin Tes Covid-19 untuk Mitra Kerja dan Keluarga

Di tengah pandemi Covid-19 ini, roda bisnis industri perhotelan terpukul karena masyarakat berkurang intensitasnya untuk berpergian serta kekhawatiran menjadi tempat yang rentan penularan. The Papandayan Hotel, sebagai entitas di bidang perhotelan, melaksanakan sejumlah protokol kesehatan untuk memberikan rasa aman bagi tamu yang berkunjung dan menginap.

Hotel ini mengadakan rapid test dan PCR-Swab Test bagi seluruh mitra kerja beserta keluarganya yang tinggal serumah secara rutin. Bobby Renaldi, General Manager The Papandayan, mengatakan, pada tanggal 21 dan 22 September kemarin telah dilaksanakan pemeriksaan infeksi Covid-19 tersebut. Mewaspadai kemunculan klaster keluarga yang terpapar, pada kegiatan pemeriksaan rutin kali ini The Papandayan mengkhususkan rapid test kepada keluarga mitra kerja yang serumah pada hari pertama, dan PCR Swab test untuk mitra kerja pada hari kedua.

“Kegiatan ini dilaksanakan rutin karena mitra kerja The Papandayan rentan terpapar virus karena harus berinteraksi langsung dengan tamu setiap hari. Perlindungan harus dilakukan secara menyeluruh bagi seluruh pihak, tamu, mitra kerja, rekanan, dan juga keluarga,” ujarnya.

Bobby juga mengingatkan kepada seluruh mitra kerja untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 di manapun mereka berada. Langkah pencegahan termudah dapat dimulai dari diri sendiri, di antaranya menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga jarak.

Selain kegiatan rapid test rutin, hotel bintang 5 ini juga meluncurkan program Stay Safe Stay Clean. Program tersebut dikembangkan dari standar prosedur operasional mengenai aspek higienis & sanitasi yang telah diberlakukan serta berdasarkan praktik dan protokol yang telah dikembangkan selama beberapa bulan terakhir yang kemudian menjadi standar operasional prosedur kebersihan yang baru.

Bobby menambahkan, pihaknya juga meningkatkan frekuensi protokol pembersihan permukaan benda-benda di area publik menggunakan disinfektan setingkat standar rumah sakit. Tidak hanya di area publik, protokol pembersihan permukaan ini juga diterapkan di kamar dengan pembersihan ekstra di titik sentuh umum seperti gagang pintu, remote tv, saklar lampu, telepon, dan tombol flush toilet kemudian menandai nya dengan sticker cleaned and sanitized di titik sentuh tersebut.

Standar kesehatan dan kebersihan lainnya yaitu penggunaan pelindung wajah, masker dan sarung tangan sebagai atribut wajib pelengkap seragam sehari-hari bagi para mitra kerja, penambahan amenitis di kamar seperti masker kain, hand sanitizer, dan cairan antiseptik, penempatan hand sanitizer pada titik-titik ramai hotel, penerapan jarak aman pada tata ruang restoran juga pada ruang rapat, melengkapi front desk counter dengan kaca pelindung, dan memodifikasi perlengkapan pelayanan bersantap di dalam kamar, serta memberikan pelatihan khusus agar mitra kerja tetap terlindungi saat memberikan pelayanan kepada para tamu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)