Isu Hoaks Virus Corona di Indonesia

1.Pendaftaran Vaksin Covid-19 WHO

Beredar sebuah pesan berantai mengatasnamakan World Health Organization (WHO), yang memberikan informasi terkait pendaftaran vaksin Covid-19 dengan menyertakan link yang diklaim sebagai link pendaftaran vaksin. Narasi pesan tersebut adalah "Organisasi Kesehatan Dunia memberikan vaksin Covid-19 gratis. Saya mendapat vaksin Covid-19 gratis, senang sekali. Keluarga dan teman-teman saya juga sudah divaksinasi. Anda harus mengajukan vaksinasi sesegera mungkin. Klik tautan untuk mengajukan vaksinasi. https://www.svwa.cn/tiaoban.php?app=yimiao".

Dilansir dari Cek Fakta Liputan6.com, diketahui bahwa informasi beserta link pendaftaran vaksin Covid-19 yang mengatasnamakan WHO pada pesan berantai tersebut adalah tidak benar, dan bukan merupakan pesan yang dikeluarkan oleh WHO. Di Indonesia sendiri program vaksinasi Covid-19 hanya diselenggarakan oleh Pemerintah RI, dan untuk saat ini prioritas vaksin untuk tenaga kesehatan terlebih dahulu. World Health Organization memberikan imbauan melalui websitenya who.int, bahwa masyarakat diharapkan berhati-hati terhadap kejahatan cyber yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19, seperti pesan berantai ini.

2. Tes PCR Harus Mencontoh Kultur Jaringan Pembiakan Anggrek

Beredar informasi sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa hasil tes PCR tidak tepat karena tidak mencontoh mesin kultur pembiakan anggrek. Klaim yang menyebutkan hasil tes PCR tidak tepat karena tidak mencontoh mesin kultur pembiakan anggrek tidak benar alias hoaks. Faktanya menurut Ahli Patologi Klinis sekaligus Direktur RS UNS Tonang Dwi Ardyanto, pada kasus awal Covid-19, semua pemeriksaan dilakukan bertahap sejak PCR mulai kultur sampai squencing. Tonang juga menjelaskan bahwa waktu itu kasusnya baru sedikit. Dari sana terkumpul data bahwa PCR dapat digunakan karena tingkat kesesuaiannya dengan hasil kultur dan squencing genom.

Link Counter:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/08/133000065/-hoaks-tes-pcr-harus-mencontoh- kultur-jaringan-pembiakan-anggrek?page=1

3. Menyamar dengan Baju Nakes, Tentara China Berhasil Masuk ke Indonesia

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa dari 153 Warga Negara (WN) China yang masuk ke Indonesia, terdapat beberapa tentara China yang masuk dengan menyamar menggunakan baju hazmat atau Alat Pelindung Diri. Video ini pun mempertanyakan integritas kantor Imigrasi Indonesia perihal izin WNA yang memasuki wilayah Indonesia di masa pandemi.

Pada postingan tersebut pun terdapat narasi yang menyebut, "Aku cuma heran saja kenapa dan mengapa???". Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa video tersebut adalah hoaks. Faktanya, tidak ada tentara China yang datang atau masuk ke Indonesia dengan menyamar menggunakan baju hazmat. Sebanyak 153 WN China yang masuk ke Indonesia sendiri telah dipastikan memenuhi syarat pengecualian dan pemeriksaan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia.

Melansir dari Detik.com, Direktur PT Krakatau Engineering, Utomo Nugroho membenarkan para TKA di dalam video itu bekerja pada sebuah perusahaan di Banten. Utomo menyebutkan bahwa mereka dipekerjakan sebagai tenaga ahli yang sedang mengerjakan proyek blast furnace complex untuk peningkatan kapasitas produksi baja nasional.

Perihal izin 153 WN China, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, terdapat pengecualian yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Covid-19. Retno mengatakan Pemerintah Indonesia telah mengecek apakah terdapat kelalaian dalam menerbitkan visa baru yang tidak diperkenankan. Retno menambahkan, hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi bahwa WN China yang masuk ke Indonesia dipastikan terpantau oleh Pemerintah Indonesia.

Link Counter:

-https://turnbackhoax.id/2021/02/08/salah-menyamar-dengan-baju-nakes-tentara-cina-berhasil-masuk-ke-indonesia/

-https://news.detik.com/berita/d-4458424/viral-video-tka-di-cilegon-dihadang-begini-faktanya

-https://kabartangsel.com/cek-fakta-salah-menyamar-dengan-baju-nakes-tentara-cina-berhasil- masuk-ke-indonesia/

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)