Covid 19

Jaringan Hotel Indonesia Natour Utamakan Aspek Higienitas

Ilustrasi layanan resepsionis dengan protokol di jaringan HIN. (dok. Hotel Indonesia Natour)

Dalam merespons imbas pandemi Corona terhadap sektor pariwisata, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) memastikan protokol kesehatan di seluruh jaringan hotelnya yang berada di berbagai kota di Indonesia berjalan dengan konsisten.

Direktur Utama HIN, Iswandi Said mengatakan, melalui guidelines & SOP new normal, HIN telah melakukan evaluasi dan pembaruan terhadap seluruh prosedur dan mekanisme layanan dan operasional hotel dengan mengacu pada lembaga dan guidelines berstandar internasional, mulai dari aspek manajemen, unit pendukung atau back office, hingga aspek operasional.

Dengan begitu, hotel-hotel Inna dapat beroperasi pada masa maupun pasca pandemi, atau new normal sesuai persyaratan dan tuntutan tamu dan industri yang sangat mengutamakan aspek higienitas.

“Pelaksanaan sosialisasi secara masif dan intensif tidak hanya dilakukan kepada seluruh karyawan kantor pusat dan unit-unit HIN di berbagai kota di Indonesia, namun SOP & protokol kesehatan yang baru juga disosialisasikan kepada seluruh stakeholders HIN, yaitu para tamu, pelanggan, mitra bisnis, pemasok, dan masyarakat pada umumnya; sehingga HIN dan seluruh stakeholder dapat berkembang bersama-sama,” ungkap Iswandi.

Pengembangan SOP dalam aspek manajemen antara lain menyangkut standar kesehatan dan higienitas karyawan, metode mencuci tangan, physical dan social distancing, hingga penetapan standar peralatan perlindungan bagi karyawan. Dalam aspek back office, selain divisi human capital dan keuangan, sangat dikembangkan program dan kegiatan sales dan marketing dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti pengembangan berbagai aplikasi, program webinar, dan berbagai strategi online lainnya.

Seluruh aspek operasional hotel yang banyak menjadi touch points antara petugas dengan para tamu, yang meliputi layanan resepsionis, housekeeping, keamanan, kitchen, food & beverage, layanan laundry, layanan spa, pool & fitness, hingga bidang engineering dan perawatan diberikan panduan yang sangat lengkap dan detil sebagai acuan pelayanan seperti do’s & don’ts the new normal.

Begitupula SOP untuk pelaksanaan acara di meeting room dan ball room, kebersihan peralatan, nampan, troli, penggunaan sarung tangan, ketentuan menjaga jarak saat mengirimkan makanan, hingga SOP untuk mengantar tamu menggunakan buggy car, serta berbagai panduan lainnya.

Iswandi menekankan, kebersihan, kesehatan, dan keamanan merupakan aspek yang sangat diutamakan dalam “guidelines & SOP the new normal” ini, sehingga seluruh hotel Inna memiliki standar hieginitas yang tinggi, dan para tamu akan merasa aman dan nyaman untuk menginap dan melakukan kegiatan di seluruh bagian dan area hotel-hotel Inna.

“Sekalipun merupakan industri yang pertama kali terkena dampak, dan yang terakhir dalam proses pemulihan, namun sejalan dengan berbagai perkembangan yang terjadi dewasa ini, diharapkan industri pariwisata dan juga industri perhotelan secara bertahap akan bergerak ke pemulihan,” kata Iswandi mengakhiri penjelasannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved