Jumlah Zona Merah Menurun, Satgas Ingatkan Jangan Lengah

Laporan dari Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan jumlah daerah zona merah atau risiko tinggi menurun signifikan di pekan ini dibandingkan pekan sebelumnya.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pada pekan ini jumlah zona merah yaitu 54 kabupaten/kota, menurun dari jumlah sebelumnya yaitu 76 kabupaten/kota.

Adapun zona kuning atau risiko rendah meningkat dari 49 kabupaten/kota menjadi 57 kabupaten/kota. Lalu pada zona hijau, tercatat tidak ada kasus baru. Zona hijau pun meningkat dari 8 kabupaten/kota menjadi 11 kabupaten/kota. Zona hijau tidak terdampak jumlahnya tetap yaitu 4 kabupaten/kota. 

Meski demikian, hal yang perlu menjadi perhatian ialah pada zona oranye atau risiko sedang. Jumlahnya mengalami peningkatan dari sebelumnya 377 menjadi 388 kabupaten/kota. 

"Penting untuk diketahui, bahwa zona oranye atau risiko sedang ini bukanlah zona aman. Apabila pimpinan daerah dan masyarakat harus lengah, maka zona risiko sedang ini merupakan pintu masuk menuju zona risiko tinggi," tegas Wiku.

Oleh karenanya, Wiku meminta para pimpinan daerah untuk menangani pandemi di wilayahnya berjalan dengan baik. Sehingga kasus dapat ditekan dan daerah dapat berpindah ke zona risiko yang lebih aman. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)