Kasus Covid-19 Meningkat, RS Wisma Atlet Alihkan 3 Tower sebagai Ruang Perawatan

Kasus covid-19 di Indonesia terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Satgas Covid -19, kasus harian pada tanggal 25 November 2020 mencapai 5.534 kasus. Angka tersebut merangkak naik hingga mencapai 5.828 kasus pada jumat, 27 November 2020.

Melihat tren kenaikan tersebut, RS wisma Atlet melakukan kordinasi untuk mengalihfungsikan tower yang biasanya dipakai untuk melakukan isolasi mandiri untuk dijadikan tower perawatan.

“3 hari lalu, koordinator RS Wisma Atlet memerintahkan kepada jajaran untuk mengalihfungsikan tower 4,6, dan 7 untuk dijadikan tower perawatan,” kata Kolonel Laut (K) dr RM Tjahja, Kepala Sekretariat RSD Covid-19 Wisma Atlet dalam konferensi pers Menyikapi Tren Kenaikan Kasus Covid-19 (30/11/2020).

Lebih jauh, Tjahja menyebutkan total pasein yang saat ini berada di RS Wisma Atlet sebanyak 3,5 ribu. Hal ini, menurutnya perlu dilakukan antisipasi. Untuk tingkat keterisian tower isolasi mandiri di RS Wisma Atlet, tingkat keterisiannya sudah mencapai 80%. Kuota 20% sisanya, menurutnya, akan difokuskan pada pasien dengan gejala.

Sementara, untuk pasien yang tanpa gejala akan dialihkan ke hotel-hotel yang telah ditunjuk pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta. "Ruang perawatan saat ini tingkat keterisiannya mencapai 50%. Namun, kita harus tetap wasapada. Bisa saja dalam seminggu ke depan jumlahnya bisa meningkat sampai 100%," kata dia menambahkan.

Tjahja mengatakan, hotel yang saat ini ditunjuk untuk dijadikan tempat isolasi mandiri para pasien covid -19 pun sudah banyak yang terisi 100%, sebut saja hotel Ibis Senen, Grand Asia Penjaringan, dan Hotel U Stay Mangga Besar. Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di waktu-waktu ke depan, pihaknya berencana untuk menjadikan Twin Plaza, Jakarta Islamic Center, dan Graha Wisata sebagai tempat isolasi mandiri tambahan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)