Kemendag Tetap Berdisiplin Prokes dan 5M Pasca Vaksinasi Pegawai

(Kiri-Kanan) Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pedagangan, Muhammad Lutfi meninjau vaksinasi pegawai Kementerian Perdagangan di Jakarta pada Sabtu, 13 Maret 2021. (Foto : Kemendag)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, meninjau vaksinasi Covid-19 hari ketiga, sekaligus hari terakhir vaksinasi tahap 1 untuk pegawai Kementerian Perdagangan di kantor pusat Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat pada Sabtu, 13 Maret 2021. Dalam peninjauan tersebut turut hadir Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. “Kami berterima kasih kepada Menteri Kesehatan dan jajaran Kementerian Kesehatan yang telah bekerja keras dan membuat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pegawai Kemendag menjadi mungkin. Upaya ini memberikan dukungan bagi pegawai Kemendag untuk semangat bekerja dan melawan pandemi Covid-19,” kata Lutfi dalam keterangannya di Jakarta pada akhir pekan lalu.

Lutfi mengapresiasi selesainya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap 1 bagi seluruh pegawai Kemendag. Selanjutnya, Kemendag akan bersiap melaksanakan vaksinasi tahap 2 yang dijadwalkan pada 25–27 Maret 2021 atau 14 hari setelah pemberian vaksinasi pertama. Sementara itu, Menkes Budi menyampaikan bahwa seluruh kementerian dan lembaga saat ini sedang menjalani proses vaksinasi Covid-19. Selain tenaga kesehatan dan penduduk lanjut usia, pegawai di sektor pelayanan publik juga menjadi kelompok yang mendapat perhatian utama pemerintah untuk diberikan vaksin Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kemendag, Suhanto, mengatakan vaksinasi pegawai Kemendag ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Suhanto memastikan pelayanan publik di Kemendag selama pandemi Covid-19 tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, pemberlakuan aturan masuk bergiliran bagi pegawai, kewajiban memakai masker, dan kewajiban menunjukkan surat antigen bagi pengunjung. “Pemberlakuan protokol kesehatan yang baik mendukung kualitas pelayanan publik Kemendag selama pandemi, dan menjamin keselamatan baik pegawai maupun pengunjung. Meskipun kami mengatur jam masuk pegawai, pelayanan masyarakat tetap berjalan,” ungkap Suhanto.

Hingga hari ini terdata sebanyak 3.651 pegawai Kemendag mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap 1 yang dibagi dalam tiga hari, yaitu pada 11–13 Maret 2021. Proses vaksinasi tersebut berjalan lancar dan tertib. Pegawai diharuskan datang sesuai jadwal kehadiran vaksinasi, dan segera meninggalkan tempat vaksinasi jika sudah menyelesaikan prosedur vaksinasi pada hari itu. Hal ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan dan mencegah kerumunan di area kantor.

Kemendag mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk 3.464 karyawan Kemendag yang dilaksanakan bertahap pada 11—13 Maret 2021. Para karyawan merupakan aparatur sipil negara (ASN), pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN), pensiunan, petugas kebersihan, dan keamanan. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Turut serta dalam pelaksanaan vaksinasi ini Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan 2019-2020) dan Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan 2011–2014). “Puji syukur, pada hari ini Kementerian Perdagangan bisa mulai melakukan vaksinasi bagi seluruh karyawan. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan awal yang baik bagi kita semua untuk dapat memutus rantai penularan Covid-19,” ungkap Lutfi.

Keikutsertaan segenap jajaran Kemendag merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid19 dan mendorong pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari setahun.

Vaksinasi diyakini dapat membangkitkan kembali gairah usaha dan kepercayaan bisnis bagi para investor dan pelaku usaha di tanah air. Suhanto menegaskan, walau telah melakukan vaksinasi, Kemendag akan terus melakukan protokol kesehatan secara ketat dengan tetap disiplin mengedepankan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi) di lingkungan kerjanya. “Saya ingin mengingatkan sekali lagi, walau sudah divaksin, kita harus tetap selalu waspada. Jangan lengah, serta tetap disiplin menjalankan 5M,” tegas Suhanto. Pelaksanaan vaksinasi bagi para pegawai di lingkungan Kemendag ini dilaksanakan melalui sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran, screening oleh petugas kesehatan, pemberian vaksin, hingga observasi setelah vaksin untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)