Kemenhub Buka Posko Angkutan Nataru untuk Jaga Disiplin Prokes

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada saat membuka Posko Tingkat Nasional Angkutan Nataru 2020.

Kementerian Perhubungan meresmikan Posko Tingkat Nasional Angkutan Nataru 2020. Peresmian posko tersebut ditujukan untuk memastikan pelayanan transportasi di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) berjalan aman di tengah masa pandemi.

“Apa yang kita lakukan hari ini (pembukaan posko) adalah menerjemahkan Perintah Presiden untuk di satu sisi memberlakukan protokol kesehatan dan di sisi lain harus tetap memberikan pelayanan transportasi dengan baik di tengah pandemi,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada saat membuka Posko Tingkat Nasional Angkutan Nataru 2020 di Jakarta (18/12/2020).

Dia mengatakan bahwa di masa pandemi ini, aspek kesehatan tidak bisa dipisahkan dari aspek keselamatan bertransportasi. Menhub berharap seluruh stakeholder bisa berkoordinasi dengan baik untuk menjaga pelayanan tetap lancar dan konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dia berharap, posko tersebut bisa mengantisipasi dengan baik jika terjadi puncak mudik baik di sektor darat, laut, udara, penyeberangan, kereta api.

“Saya mengapresiasi rekan-rekan dari seluruh stakeholder yang terlibat. Pesan presiden, jangan ada ego sektoral. Apa yang diinginkan presiden selama ini sudah kita lakukan bersama, yaitu bagaimana antar stakeholder seperti Kepolisian, Basarnas, BMKG, Jasa Marga, Operator Transportasi dan lain sebagainya, semua bersatu padu melaksanakan kegiatan ini dengan baik,” ungkap Menhub.

Menhub menegaskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik, mengingat dalam dua minggu terakhir angka  positif Covid-19 semakin meningkat. Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap berada dirumah dan tidak melakukan perjalanan bila memang tidak dirasa perlu.

Saat ini, Kemenhub tengah melakukan koordinasi intensif dengan Satuan Tugas Covid 19 yang akan menetapkan Surat Edaran. Kemenhub akan merujuk pada ketetapan dari Satgas tersebut dalam menerapkan SE untuk sektor transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat pada saat libur Nataru.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)