Kemenkes Waspadai Klaster Libur Natal dan PON 2021

Ketua Tim taskforce Kementerian Kesehatan (Kemenkes) provinsi papua, Iwan Trihapsoro.

Ketua Tim taskforce Kementerian Kesehatan (Kemenkes) provinsi papua, Iwan Trihapsoro mewaspadai kemunculan tiga klaster baru Covid-19, yaitu Pilkada, Libur Natal dan tahun Baru 2021, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dihelat tahun 2021.

''Ada tiga agenda ke depan yang harus diantisipasi karena berpotensi memicu klaster baru Covid-19. Pertama Pilkada Serentak di 11 kabupaten. Kedua, liburan panjang Natal dan Tahun Baru. Ketiga, pelaksanaan PON XX tahun 2021, dimana Papua menjadi Tuan Rumah,'' kata Iwan.

Di sisi lain, Iwan mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi papua dalam memasifkan tracing dan testing Covid-19. Namun, pemerintah daerah juga harus tetap mengantisipasi lonjakan kasus, jangan sampai terjadi kekurangan Tempat Tidur Isolasi di fasilitas pelayanan Kesehatan. Selain itu, dia juga mengingatkan untuk memperhatikan tenaga kesehatan yang kelelahan.

Untuk itu, menurutnya, diperlukan langkah-langkah antisipasi, salah satunya dengan menyiapkan fasilitas isolasi mandiri. ''Di Jakarta saja kita siapkan 20 ribu kamar hotel untuk perawatan (isolasi mandiri), sekaligus menghidupkan bisnis perhotelan,'' kata dia menambahkan.

Sebagai tambahan, Kementerian Kesehatan telah menyerahkan bantuan masker sebanyak 362.194 buah selama masa pandemi ini. Masker tersebut diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kabupaten Jayapura.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)