Mayapada Healthcare Layani Pemeriksaan PCR Swab Test

Ilustrasi pemeriksaan swab virus corona. (dok Mayapada Hospital)

Mayapada Healthcare telah siap untuk melayani PCR Swab Test di semua unit Mayapada Hospital. Ditunjang oleh Laboratorium Biomolekuler khusus dengan tingkat keamanan Bio Safety Level 2 (BSL2) yang bersertifikasi, peralatan dan perlengkapan PCR dengan teknologi terkini, Mayapada Hospital dapat memastikan hasil diagnosa dengan akurasi yang tinggi. Hasil diagnosa PCR Swab Test memerlukan 1 sampai dengan 3 hari kerja yang dimulai dari pengambilan sampel swab nasofaring sampai dengan pengerjaan oleh tenaga ahli didalam Laboratorium BSL2.

Laboratorium ini juga dapat melakukan pemeriksaan berbasis molekuler lainnya seperti mendeteksi infeksi HIV, hepatitis, kanker, malaria dan lainnya. Hasil diagnosa yang akurat dan cepat diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam mengurangi penumpukan pemeriksaan spesimen terutama di area Jabodetabek.

RT-PCR Swab Test dengan sampel dari Nasofaring (bagian belakang hidung) merupakan prosedur yang paling disarankan badan dunia WHO untuk mendeteksi secara akurat Virus Covid-19. Ditengah pandemi ini, pemerintah Indonesia menargetkan 10,000 test per hari dengan metode RT-PCR nasofaring swab untuk membantu para tenaga medis serta semua pihak yang terlibat dalam mengindentifikasi secara akurat dan cepat agar dapat segera memberikan perawatan yang tepat bagi pasien Covid-19 dan menekan penyebaran virus tersebut.

Mayapada Hospital dilengkapi dengan berbagai tipe ruang isolasi khusus yang terpisah dari area perawatan umum lainnya, salah satunya adalah ruang isolasi mandiri yang memberikan kenyamanan lebih baik bagi PDP dan pasien Covid-19. Ruangan ICU dan Operasi dengan tekanan negatif yang tersedia juga memastikan perawatan maksimal bagi pasien Covid-19.

Dengan metode screening dan pemeriksaan penunjang seperti Rapid Test Kit, CT-Scan Thorax, RT-PCR Swab Test, dan laboratorium lengkap yang didukung oleh para tenaga medis yang berdedikasi penuh, Mayapada Hospital memastikan dapat secara cepat dan akurat memisahkan pasien suspek (ODP dan PDP) dengan pasien positif Covid-19. Hal ini merupakan kebijakan tegas managemen Mayapada Healthcare dalam mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan keselamatan pasien dan tenaga medis yang bertugas.

Jonathan Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare, mengatakan, Mayapada Hospital siap menerima PCR Swab test di mana hasinya bisa dikeluarkan secara cepat mulai dari 1 hari hingga 3 hari kerja. Pihaknya telah menyiapkan dua alat permeriksaan PCR Swab Test dengan alat ekstraksi otomatis serta laboratorium lengkap untuk pemeriksaan Covid-19 yang tentunya sudah sesuai standar dan mampu menghasilkan proses secara cepat dan akurat.

“Di tengah pandemi ini, secara konsisten  kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara lengkap dan terpadu. Harapan kami, dengan hadirnya 2 alat pelayanan PCR Swab Test dan laboratorium ini, dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat penanganan pemutusan rantai Covid-19," katanya.

"Saat ini, jumlah pasien Covid-19 di Indonesia sudah lebih dari 22.000 orang dan diperkirakan dapat bertambah terus jumlah orang yang akan positif Covid-19 dan tentunya akan semakin banyak dibutuhkan pemeriksaan PCR Swab Test. Selain itu, banyak PDP, ODP dan masyarakat awam lainnya yang saat ini juga membutuhkan pemeriksaan PCR namun dikarenakan terbatasnya laboratorium yang bisa melakukan pemeriksaan PCR, banyak yang harus mengantri dan menunggu lama untuk bisa melakukan pemeriksaan PCR. Karena itu kami berharap hasil diagnosa yang cepat dapat mempercepat penegakkan diagnosa dan melanjutkan  treatment selanjutnya sesuai dengan prosedur yang disarankan," ujar Jonathan mengakhiri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)