Menggunakan Masker yang Benar Cara Ampuh Menangkal Virus

Penggunaan masker yang benar sebagai upaya disiplin protokol kesehatan terbukti ampuh mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021 merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu memakai masker medis berlapis masker kain alias masker ganda.

"Kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja," Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan.

Namun, ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Seperti menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker. 

Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya. 

Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. Baik masker kain atau masker medis dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. Menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah. 

Cara selanjutnya yaitu mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah, sehingga masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Dan perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus. 

Masyarakat juga diminta konsisten memakai masker saat bersama siapapun yang tidak tinggal bersama termasuk dalam rumah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)