Menhub Pastikan Kesiapan Prokes Bandara Ngurah Rai Jelang Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi Karya saat menyambangi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (11/12/2020).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan penerapan protokol kesehatan, serta sarana, prasarana, dan pelayanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Pengecekan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada libur akhir tahun 2020. "Saya mau memastikan pelayanan di bandara ini telah sesuai dengan standar protokol kesehatan, ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19," kata Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (11/12/2020).

Mehub tidak hanya menginstruksikan untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan di area bandara saja. Tetapi juga di terminal bus, pelabuhan laut, dan penyebrangan. Dia berharap, liburan akhir tahun ini tidak menjadi pemicu jumlah peningkatan orang yang terpapar virus covid-19.

"Jangan sampai upaya kita berbulan-bulan kemarin menjadi sia-sia. Sektor transportasi harus tegas terhadap protokol kesehatan. Sediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, physical distancing, jaga jarak, jangan sampai ada kerumunan, lakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," kata dia menambahkan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Budi Karya mengapresiasi pelayanan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang telah menjalankan protokol kesehatan. Bandar udara tersebut, menurutnya, telah menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan seperti memasang rambu-rambu jaga jarak, menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, dan menjaga kebersihan bandara secara terus menerus.

"Terakhir saya berharap dukungan stakeholders transportasi termasuk Pemerintah Daerah untuk bersinergi bersama pemerintah menekan angka penularan virus Covid-19, khususnya di tempat-tempat wisata. Kalau perlu terapkan aturan tertentu misalnya kapasitas pengunjung dibatasi," ujarnya.

Jumlah penumpang angkutan umum di semua moda transportasi diprediksi akan mengalami penurunan sekitar 52% dibandingkan pada tahun lalu di liburan panjang akhir tahun ini. Namun, Kemenhub memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pada libur Nataru tahun ini, dibandingkan dengan hari biasa.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)