Menhub Tegaskan Pembangunan Tetap Berjalan, Namun Dispilin Protokol Kesehatan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan kepada jajarannya untuk fokus dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

“Penerapan protokol kesehatan yang ketat di semua moda transportasi harus menjadi kunci utama Kementerian Perhubungan dalam mengatasi Covid-19”, kata Menhub.

Menhub juga memaparkan rencana pembangunan dan revitalisasi Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir yang kini memasuki pengerjaan Tahap ke 1. Dia menegaskan bahwa pembangunan harus tetap berjalan untuk memulihkan dampak ekonomi yang disebabkan pandemi covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan dan pembangunan harus bersinergi, berjalan bersama untuk pulihkan rakyat Indonesia dari pandemi. Di pembangunan transportasi ini ini kita harus lebih proaktif," kata dia.

Budi Karya juga memberikan apresiasi kepada petugas Stasiun Kereta Api Medan atas usahanya dalam mendisiplinkan protokol kesahatan dengan ketat. Imbauan tersebut guna mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus Covid-19 dengan adanya lonjakan jumlah penumpang.

Dalam tinjauannya ke Stasiun Kereta Api Medan, Menhub mengecek seluruh fasilitas dan memastikan semua telah diterapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan dan pembatasan okupansi penumpang.

Menanggapi antusiasme masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi umum, Menhub juga berpesan untuk proaktif dalam melanjutkan pembangunan guna menghidupkan kembali aktivitas ekonomi pasca Covid-19.

“Tidak hanya menjadi backbone tranposrtasi antarmoda di Medan, diharapkan pembangunan perkeretaapian di Medan dan Sumatera Utara juga menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat medan.” tambahnya.

Sebagai informasi, selama masa libur dan cuti bersama pekan lalu PT Kereta Api Divre I Sumatera Utara mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang kereta api di Sumatera Utara sebanyak 17\%. Mayoritas merupakan penumpang KA Sri Lelawangsa relasi Medan - Binjai PP.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)