Menko PMK Gencarkan Donor Konvalsen untuk Pasien Covid-19

Donor konvalsen merupakan salah satu upaya untuk menyelematkan pasien Covid-19. Mereka yang berhasil sembuh telah memiliki antibodi terhadap virus ini. Antibodi dalam plasma darah inilah yang dapat di donorkan kepada pasien lain untuk mempercepat penyembuhan.

"Karena sudah terbukti dengan adanya plasma konvalesen itu banyak pasien Covid-19 yang terselamatkan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Saat ini, ada sekitar 29 Unit Donor Darah (UDD) PMI, penyintas Covid-19 dapat melakukan donor plasma konvalesen tersebut dengan syarat medis tertentu.

Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen menjadi gerakan yang dilakukan pemerintah untuk mengajak masayarakat penyintas covid-19 untuk mendorong penyintas mendonorkan plasma darahnya. Gerakan ini diharapkan dapat menumbuhkan pendonor-pendonor potensial dan mampu menekan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan mereka nanti beramai-ramai mendonor konvalesen akan ikut mencegah angka fatalitas Covid-19 di Indonesia yang masih di atas rata-rata dunia," kata dia.

Muhadjir mengatakan, saat ini stok kantong darah mengalami penurunan. Karena itu, Menko PMK mengajak seluruh warga masyarakat untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya di cabang PMI setempat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)