Pemberian Vaksin Covid-19 Dijadwalkan Pekan Depan

Pemerintah telah melakukan pendistribusian vaksin sebanyak 1,2 juta dosis ke 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pengiriman tersebut dijadwalkan akan dilakukan secara bertahap dari tanggal 3 Januari 2021 hingga 7 Januari 2021.

Menteri Kesehatan yang baru dilantik, Budi Gunadi mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin direncanakan akan dilakukan pada minggu kedua bulan Januari 2020, dikeluarkannya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

“Kami merencanakan dalam jangka waktu 15 bulan, kami bisa menyelesaikan vaksinasi ke 181 juta rakyat Indonesia,” kata Budi Gunadi, Menteri Kesehatan seusai acara Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19  dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi (06/01/2021).

Dia menghimbau kepada seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) baik puskesmas, rumah sakit, dan klinik untuk segera mendaftar ke aplikasi PCare (Primary Care) BPJS agar dapat melayani vaksinasi Covid-19.

“Tolong dikomunikasikan terus ke mereka untuk mendaftarkan, karena kalau belum mendaftarkan akan sulit bagi mereka untuk bisa melayani vaksinasi ini, terutama untuk mencatat dan menangani kalau ada kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI),” kata dia.

Lebih jauh, Menkes juga mengingatkan kepada fasyankes untuk menyampaikan keperluan terkait vaksinasi, seperti misalnya lemari es atau pendingin, kepada Dinas Kesehatan, Kementerian Kesehatan, aparat, atau melalui akun media sosial pribadinya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)