Pembukaan Bertahap di Indonesia Dilakukan dengan Penuh Kehati-hatian

Keputusan untuk melakukan pembukaan secara bertahap didasarkan pada pola peningkatan kasus (Foto: dok. BNPB)

Indonesia saat ini secara bertahap kembali melakukan pembukaan kegiatan sektor sosial-ekonomi. Pembukaan secara bertahap ini dilakukan setelah kondisi pandemi COVID-19 terkendali ditandai terus menurunnya penambahan kasus setiap harinya sejak puncak kedua pada bulan Juli 2021. Penurunan ini telah berlangsung selama 13 minggu berturut-turut.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan kondisi saat ini merupakan hasil dari penanganan kasus yang sebelumnya melonjak. Maka keputusan untuk melakukan pembukaan secara bertahap didasarkan pada pola peningkatan kasus.

"Melihat ke belakang, peningkatan kasus tidak terlepas dari peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat selama masa liburan," Wiku dalam virtual International Media Briefing di Graha BNPB yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia (20/10/2021).

Untuk memahami lebih jelas, perkembangan kasus positif dalam sepekan terakhir turun menjadi 6.826 setelah mencapai angka tertinggi 542.236 selama lonjakan kedua. Penurunan kasus juga berkaitan erat dengan penurunan angka kesembuhan, dikarenakan jumlah kasus yang menurun. Pekan lalu saja, ada 12.567 orang sembuh, sementara jumlah kesembuhan tertinggi di lonjakan kedua 176.934 orang.

Pada kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan medis, juga terus menurun jumlahnya. Pada saat puncak kedua jumlahnya mencapai 542.236 kasus atau 18,84%, kini turun menjadi 16.388 atau 0,43%.

Sejalan itu, angka positivity rate juga mengalami penurunan drastis menjadi 0,56% setelah mencapai 26,76% saat puncak kedua. Serta tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan atau Bed Occupancy Rate (BOR) menjadi 5,69% dari sebelumnya 77,77% pada saat puncak kedua.

Wiku menambahkan, dalam rangka pembukaan secara bertahap, perlu belajar dengan cara melihat jauh ke belakang pada penanganan pandemi sejak tahun 2020. Mencermati pola peningkatan kasus,  akan menjadi pembelajaran penting dalam pembukaan bertahap.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)