Pemerintah Dorong PBB Bantu Perkuat Distribusi dan Produksi Vaksin

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam Sidang Majelis Umum PBB.

Pemerintah Indonesia mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendistribusikan vaksin ke semua negara. Banyak negara, terutama negara berkembang, memiliki keterbatasan kapasitas dalam memproduksi vaksin. Oleh karena itu, PBB harus bisa mendstribusian vaksin ke semua negara.

“Ditemukannya vaksin bukanlah akhir dari tantangan. Tugas kita berikutnya adalah memastikan vaksin dapat diakses dan didistribusikan dengan adil bagi semua,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam Sesi Khusus Sidang Majelis Umum PBB untuk menanggapi Pandemi Covid-19 (4/12/2020). Lebih jauh, dia mengatakan bahwa organsiasi yang menaungi negara di dunia tersebut harus mampu untuk membantu negara anggotanya meningkatkan kapasitas distribusi vaksin, baik terkait infrastruktur maupun kapasitas sumber daya manusia.

Dalam pertemuan virtual tersebut, Retno Marsudi menekankan adanya dukungan terhadap upaya multilateral untuk vaksin, seperti COVAX AMC dan ACT Accelerator, serta dukungan terhadap kapasitas distribusi dan sumber daya manusia di seluruh negara.

Kedua, Retno menyampaikan untuk memperkuat kapasitas industri kesehatan di setiap negara. “Saat ini terdapat kesenjangan infrastruktur kesehatan antara negara maju dan negara berkembang. Hal ini perlu ditangani, di antaranya melalui penciptaan ekosistem untuk riset dan pengembangan, transfer teknologi, dan kerja sama industri,” kata dia menambahkan.

Ketiga, memperkuat tata kesehatan global. World Health Organisation (WHO), menurutnya, tidak sempurna. Namun, tetap merupakan pilihan terbaik untuk mengoordinasikan upaya melawan pandemi.

“Seluruh negara harus membantu penguatan kapasitas WHO. Mekanisme multilateral yang telah dibentuk di masa pandemi juga harus dilanjutkan setelah pandemi berakhir. Pool akses terhadap teknologi, tools accelerator, dan COVAX facility harus menjadi mekanisme yang terus digunakan di masa datang,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)