Pemkab Bogor Pastikan Semua Fasilitas Wisata di Puncak Tersertifikasi CHSE

Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Hygiene, Sanitation, and Enviroment) merupakan hal yang sangat penting untuk industri pariwisata khususnya bagi pelaku usaha hotel dan restoran untuk memulihkan kepercayaan wisatawan di tengah pandemi. Lewat sertifikasi ini, sebuah obyek dan atau fasilitas wisata dinyatakan telah memenuhi standar protokol kesehatan mencakup kebersihan, kesehatan, sanitasi, dan lingkungan. Sertiifikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Salah satu kawasan wisata yang selalu dibanjiri pengunjung saat libur panjang adalah kawasan puncak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jelang libur natal dan tahun baru 2020 ini, diketahui sejumlah pelaku wisata di kawasan tersebut telah mengikuti dan mengantongi sertifikasi CHSE.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kabupateb Bogor, Muliadi menuturkan, menjelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemkab Bogor telah melakukan langkah untuk meningkatkan kunjungan wisata di Puncak.

Salah satu langkahnya yakni melakukan training of trainers (ToT) kepada 170 yang diperuntukkan bagi karyawan atau anggota pelaku usaha wisata guna memenuhi syarat sertifikasi CHSE.

"Nantinya mereka akan kembali melatih para pelaku wisata di sekitar. Kami berharap, memasuki musim libur Natal dan Tahun baru nanti, para pelaku usaha wisata sudah mempunyai standar yang sama dalam memenuhi protokol kesehatan," papar Muliadi.

Menurut Muliadi, CHSE itu nantinya merujuk pada sertifikasi Kemparekraf, di mana para pelaku usaha itu telah mendapatkan pengakuan terkait standar protokol kesehatan yang benar.

"CHSE ini juga berimbas nantinya kepada trust (kepercayaan) para tamu wisata nantinya. Karena, bagaimana pun para tamu ingin adanya jaminan kesehatan dari lokasi wisata," paparnya.

Sementara, General Manager JSI Resort, Andi Bramastyo menuturkan, saat ini okupansi tingkat hunian hotel di Puncak pada masa pandemi Covid-19 sudah membaik. Ia pun yakin, pada libur panjang nanti tingkat hunian hotel akan penuh.

"Saat ini tingkat hunian hotel sudah baik. Saat memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru nanti pasti penuh," paparnya.

Untuk itu, kata dia, CHSE ini sangat penting untuk sebagai upaya mengembalikan lagi kepercayaan para wisatawan bahwa lokasi-lokasi wisata di Kabupaten Bogor sudah mempunyai standar yang baru dalam pemenuhan protokol kesehatan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)