Prodia Getol Lahirkan Inovasi untuk Tetap Relevan di Tengah Pandemi

Layanan Telekonsultasi

PT Prodia Widyahusada melakukan berbagai inovasi untuk tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan ditengah pandemi, sekaligus membantu pemerintah dalam mengatasi covid-19.

Beberapa inovasi yang diluncurkan perusahaana antara lain rapid test antibodi anti SARS-CoV-2 IgM/IgG, pemeriksaan SARS-CoV-2 real-time polymerase chain reaction/RT-PCR, dan layanan telekonsultasi. Selain itu, Prodia juga berupaya untuk mendatangkan alat pemeriksaan otomatis, sehingga bisa memperbesar kapasitas test dan mempercepat waktu penyelesaian pemeriksaan.

“Prodia menjadi salah satu bagian dari jejaring Laboratorium Resmi Rujukan Nasional Pemeriksaan RT-PCR Covid-19. Pemeriksaan RT-PCR ini merupakan pemeriksaan utama untuk skrining dan sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif infeksi SARS-CoV-2,” kata Indriyanti Rafi Sukmawati, Direktur Bisnis dan Pemasaran Prodia dalam wawancara eksklusif bersama SWA Online.

Pemeriksaan Covid-19, menurutnya, merupakan suatu yang paling dibutuhkan di masa ini. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran virus.

Perseroan juga mengadopsi alat otomatis yang bernama PerkinElmer dalam pemeriksaan PCR Covid-19 di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional dan Laboratorium Rujukan Regional Prodia di wilayah Surabaya, Makassar, dan Medan.

Prodia pun meng-upgrade sistem laboratorium miliknya untuk meningkatkan proses kerja, mulai dari pra analik, analitik, hingga pasca analitik. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan melakukan efisiensi dari segi waktu hasil pemeriksaan. Pembaharuan ini telah dilakukan sejak tahun 2019 lalu.

Perseroan juga menyediakan layanan telekonsultasi untuk memudahkan akses layananannya. Layanan telekonsultasi memungkinkan konsumen melakukan konsultasi kesehatan tanpa harus datang ke fasilitas layanan kesehatan Prodia. Jika dibutuhkan penanganan lanjutan, tenaga kesehatan Prodia akanmemberikan pengantar untuk pemeriksaan pemeriksaan di Prodia, pemberian vaksinasi dan pemberian resep.

“Inovasi lain yang kami lakukan adalah dengan meluncurkan layanan chatbot atau virtual assistant Tania untuk memudahkan pelayanan pelanggan,” kata Indri menambahkan. Layananan Chatbot tersebut dibuat untuk bisa memberikan informasi mengenai layanan pemeriksaan kesehatan Prodia, dan letak lokasi serta fasilitas layanan cabang. Chatbot Tania juga dapat digunakan untuk berinteraksi langsung dengan customer service maupun konsultasi secara live melalui fitur live chat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)