Protokol Kesehatan KFC Layani Konsumen Saat Pandemi

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang penuh keterbatasan untuk melakukan segala aktivitas, termasuk berkunjung ke restoran, tidak menghalangi KFC Indonesia untuk berinovasi dan mengepakkan sayap bisnisnya. Pekan ini, KFC memperkenalkan konsep resto baru tematik yang pertama dan satu-satunya untuk saat ini.

Dengan menghadirkan resto Naughty of Nature, KFC mengajak pengunjung dan karyawan untuk ketat menerapkan protokol kesehatan.  Dari sisi interior dan prosedur bersantap dine in, resto ini sesai dengan ketentuan  yang telah ditetapkan oleh Satgas Covid-19. Hal ini dilakukan demi tercipta keamanan, kesehatan dan kenyamanan bersama.

Mula-mula pengunjung yang datang harus memakai masker atau  face shield. Begitu sampai di pintu masuk, wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disiapkan. Kemudian, mengisi daftar tamu, menuliskan nomor ponsel dan menunjukkan KTP atau identitas diri lainnya.

Setelah itu, petugas resto di dapan pintu masuk akan mengecek suhu tubuh para tamu harus normal. "Kapasitas resto ini bisa 140-150 orang, tapi kami hanya mengisi maksimal 50\% dari kapasitas. Petugas resto kami semua dilengkapi dengan face shield dan sarung tangan," ungkap Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia.

Jumlah pengunjung tidak hanya dibatasi, tapi juga jarak meja dan tempat duduk pengunjung satu dengan lainnya diatur untuk social distancing. Bahkan, tamu akan mendapatkan pelayanan full service di meja masing-masing agar tidak berdekatan dengan tamu lain. Pelanggan tinggal duduk di mejanya, dan  pelayan datang untuk mengambil order makanan atau minuman tamu.

Pembayarannya pun langsung dilakukan di meja itu sehingga tidak perlu kontak dengan kasir atau menimbulkan antrean mengular  pengunjung yang biasanya terjadi di gerai-gerai KFC. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Desain ruangan mengarah pada konsep eco friendly, suasana didominasi dengan warna bumi sehingga terasa teduh, bernuansa kayu, dan berkonsep ruang terbuka (open space). Dengan demikian sirkulasi udara menjadi lebih baik dan menghindari perkembangan virus di dalam ruangan.

Jam berkunjung tamu pun sesuai dengan jam malam aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku di DKI Jakarta.  Waktu operasional pukul 10:00 – 18:00 untuk Senin-Kamis dan pukul 07:00 – 18:00 untuk Jumat-Minggu atau akhir pekan.

Untuk dapur juga dilakukan open kitchen untuk menyajikan menu-menu yang sehat agar daya tahan tubuh pengunjung kuat sebagai imun penangkal virus Covid-19 yang mujarab.

"Di Naughty by Nature adalah restoran lifestyle dining dan salad bar berkonsep unik yang menawarkan pengalaman bersantap berbeda. Menyantap salad dan sayuran yang lebih seru, menyenangkan dan mengenyangkan, dengan mengombinasikan ayam khas KFC sebagai protein,” ujarnya.

Adapun menu andalan Naughty by Nature adalah Meal Market Platter. Juga, menawarkan berbagai kreasi makanan inovatif berbahan ayam KFC menjadi hidangan ala gourmet seperti chicken taco, pasta, ayam KFC geprek; dan makanan berbahan dasar telur dan berbagai snack / makanan ringan yang tentunya dapat dinikmati oleh semua orang dan sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Selain itu, menyajikan berbagai macam minuman seperti smoothies, milkshake dan kopi, hingga makanan penutup.

Cikal bakal restoran pertama KFC dimulai  tahun 1979 di Jakarta. Produk unggulan Original Recipe (kini disempurnakan menjadi New Improved Original Recipe) dan Hot Crispy Chicken yang tetap merupakan ayam goreng paling digemari dalam berbagai survei konsumen di Indonesia. Dalam perjalanannya, KFC terus menambah menu-menu andalannya.

Selama 40tahun berkiprah di industri restoran cepat saji Indonesia, saat ini KFC memiliki 750 cabang yang tersebar diseluruh Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 16.000 karyawan. Sebagai restoran berslogan ‘Jagonya Ayam’, KFC selalu menggunakan daging ayam dengan kualitas unggul yang diambil dari tempat pemotongan ayam yang selalu dijaga dan diawasi prosesnya, sehingga ayam yang dihasilkan pun lebih terjamin, higienis dan sehat. Semua bahan baku dan produk yang disajikan tidak hanya produk ayam, tapi juga sudah mendapat sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan proses produksi para pemasok bahan KFC terus diawasi oleh pihak Quality Assurance KFC.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)