Protokol Kesehatan MMKSI dalam Perusahaan dan Melayani Pelanggan

Pandemi COVID-19 sudah memasuki bulan ke-7 kita rasakan. Banyak perubahan dan adaptasi yang harus dijalankan guna terhindar dari paparan virus corona baru ini. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) pun disiplin menerapkan protokol kesehatan di dalam perusahaan. Juga dalam melayani pelanggannya di dealer-dealer rekanannya.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI. mengatakan, untuk meminimalisir penyebaran virus, pihaknya mendorong disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan karyawan saat bekerja di kantor. “Pada dasarnya MMKSI menerapkan semua protokol COVID-19 sesuai aturan Pemeeintah seperti pengaturan jumlah pegawai yang bekerja di kantor, hand sanitizing di banyak lokasi, pembatasan business trip, wajib masker setiap saat, dan pengaturan jarak fisik dengan tanda-tanda di semua tempat,” ujarnya.

MMKSI juga membatasi jumlah karyawan yang bekerja di kantor, beberapa bagian bekerja di kantor dan sisanya bekerja dari rumah. Jumlah karyawan yang bekerja di kantor maksimal 25% pada saat bersamaan. Tetapi dengan pengaturan kerja yang efisien, MMKSI berhasil menurunkan rata-rata karyawan yang bekerja di kantor hingga 11% setiap harinya. “Kami juga membentuk Satgas COVID-19 untukmemastikan semua protokol kesehatan berjalan regulasi dan semua karyawan melakukanprotokol dengan benar,” katanya.

Lalu dalam melayani konsumen atau pelanggan di tengah situasi pandemi COVID-19, MMKSI juga menerapkan adaptasi protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah, untuk kegiatan operasional seluruh diler resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia, serta kegiatan penjualan dan purna jual yang dilakukan di luar area diler yang dimulai pada 1 Juli 2020.

“Penerapan protokol kesehatan ini merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen Mitsubishi saat melakukan aktivitas serta mengakses fasilitas dan layanan terkait keseluruhan proses kepemilikan kendaraan. Juga untuk memberikan acuan dan panduan protokol kesehatan dalam kegiatan operasional diler dan interaksi dengan konsumen. Kesehatan dan kenyamanan konsumen kami dalam bertransaksi merupakan hal yang menjadi fokus dan prioritas kami saat ini,” ungkap Nakamura.

Intan Vidiasari, Deputy General Manager of Marketing Communication and PR Division MMKSI menjelaskan secara umum situasi penerapan protokol kesehatan dengan konsumen yang sudah diterapkan sejak 1 Juli di semua dealer MMKSI pada dua situasi. Pertama, Walk in Customer. Ini terkait kegiatan konsumen di area dealer untuk kegiatan penjualan dan bengkel untuk layanan pemeliharaan kendaraan.

Yang dilakukan tim dealer melakukan persiapan kebersihan dan kondisi steril di areanya dan bengkel dengan cairan pembersih atau disinfektan sebelum buka dan tutup setiap harinya. "Dealer juga memberikan perhatian lebih terhadap objek yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja resepsionis, meja dan kursi negosiasi dan ruang tunggu, digital tools, unit pamer - test drive - yang diserahkan pada konsumen, kids-zone, toilet dan sebagainya," jelasnya. Memastikan sabun cuci tangan dan hand sanitizer selalu tersedia

Seluruh personil yang bertugas di dealer (mulai dari petugas kebersihan, frontliner, tenaga penjual hingga teknisi) mengenakan atribut perlindungan diri dari COVID-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield. Melaksanakan protokol kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas dan konsumen seperti: memeriksa suhu tubuh menggunakan thermometer gun, kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak (minimal 1 meter), menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

Kedua, kegiatan di luar outlet, ini terkait kegiatan yang dilakukan di luar area untuk kegiatan penjualan dan layanan pemeliharaan kendaraan. Dimulai dari konsumen mencari informasi melalui media umum dan melakukan kontak melalui saluran resmi Mitsubishi Motors Indonesia (media sosial, website, aplikasi My Mitsubishi Motors ID, layanan Mitsubishi Motors Customer Care, dan lainnya). Lalu petugas melakukan follow-up. Kemudian, melaksanakan persiapan kebersihan dan kondisi steril unit dan peralatan yang digunakan.

"Seluruh personil yang bertugas keluar menemui konsumen mengenakan atribut perlindungan diri dari COVID-19 seperti masker, sarung tangan dan face shield," katanya. Melaksanakan protokol kesehatan new normal pada seluruh interaksi petugas dealer dan konsumen seperti: kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak (minimal 1 meter), menghindari kerumunan dan kontak fisik, menghindari batuk dan bersin di dekat orang lain serta menyarankan pembayaran dengan metode cashless.

Tidak hanya itu saja, MMKSI terus mengembangan layanan konsumen yang berdaptasi dengan kondisi baru ini. Guna mendukung kampanye pemerintah agar masyarakat #dirumahaja, MMKSI menyediakan layanan servis di rumah. Dengan cara ini, konsumen yang khawatir datang ke dealer untuk servis, bisa menggunakan layanan ini, namun khusus untuk perawatan mobil yang sifatnya ringan.

Mobile Service MMKSI

Intan menjelaskan untuk mendapatkan layanan ini, konsumen bisa menghubungi bengkel resmi terdekat. "Sebagian besar diler MMKSI telah dilengkapi dengan service car siaga yang siap melayani emergency servis dan pekerjaan ringan saja," katanya. Armada layanan Home Service Mitsubishi tidak bisa untuk pekerjaan servis berat. Untuk pekerjaan servis berat, konsumen tetap harus melakukannya di diler terdekat.

Intan meyakinkan, agar konsumen tak perlu khawatir ketika harus keluar rumah ke bengkel resmi MMKSI karena seperti dijelaskan di atas seluruh protokol kesehatan diterapkan secara ketat di MMKSI. Selain itu, konsumen bisa memanfaatkan layanan derek gendong atau towing berupa vehicle pick up sehingga konsumen bisa meminta mobilnya dijempul ke bengkel untuk diperbaiki. Hanya saja, untuk layanan ini ada batasannya, maksimal 50 km jarak rumah dengan bengkel dan khusus kendaraan penumpang dengan usia di atas 2017.

Ronald Reagan, Head of After Sales Planning & Marketing Department MMKSI menambahkan, layanan yang prima untuk pelanggan merupakan sebuah prioritas utama MMKSI. Ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dan diam di rumah masing-masing.

Intan juga menegaskan, MMKSI peduli dengan pencegahan penyebaran COVID-19 dan mendukung kebijakan dan protokol yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai usaha untuk mempercepat penyelesaian pandemi ini. Sebelumnya, MMKSI telah berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pencegahan COVID-19 dengan melibatkan kendaraan ramah lingkungan Mitsubishi Outlander PHEV yang digunakan untuk mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan di Jakarta. Selain itu lima unit Mitsubishi L300 telah didonasikan kepada PMI dengan tujuan yang sama.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)