Protokol Kesehatan Saat Ibadah Rayakan Hari Natal

Menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru, pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat ibadah.

Yohanes Bayu Samodro, Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama mengatakan saat ini gereja-gereja katolik di Indonesia dikoordinir oleh 37 keuskupan. Adapun setiap keuskupan memiliki kebijakan masing-masing sesuai wilayahnya dalam mengatur umat beribadah di gereja katolik dan penerapan protokol 3M.

Menurut dr.Budi Santoso, anggota tim pakar Satgas Covid-19, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika untuk menyiapkan rumah ibadah sesuai protokol kesehatan. Penyelenggara harus melakukan skrinning usia dan kesehatan umat. Adapun disarankan untuk anak-anak dan lansia agar tidak hadir secara fisik ke rumah ibadah . “Umat yang memiliki gejala demam, batuk, flu, sesak nafas dan memiliki penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, kencing manis dan lainnya juga tidak diperkanankan hadir,” jelasnya.

Rumah ibadah juga harus harus mengurangi kapasitas hingga 50% sehingga bisa menjaga jarak antar umat yang hadir. Selain itu disarankan untuk memperbanyak frekuensi jadwal ibadah dan mempersingkat durasi jadwal ibadah. Persiapan lainnya harus menyedikan fasilitas cuci tangan, menyediakan masker kain untuk dibagikan kepada umat yang tidak memakai masker. Rumah ibadah juga harus disemprot disinfektan secara rutin, menentukan pintu masuk dan keluar yang berbeda. “Materi peribadatan atau informasi jadwal lainnya bisa dialihkan melalui media digital,” jelasnya.

Sementara umat yang hadir diwajibkan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. “Masyarakat juga harus membawa peralatan ibadah masing-masing seperti kitab suci,” ujarnya.

Kedua adalah persiapan fasilitas protokol kesehatan. Rumah ibadah harus menyediakan fasilitas mencuci tangan, masker, mengecek suhu, dan melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin di lingkungan sekitar rumah ibadah tersebut. “Selesai beribadah harus langsung pulang atau tidak berkumpul setelah ibadah,” himbaunya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)