Qlue Manfaatkan AI dan IoT Hadapi Covid-19

Inovasi QlueThermal berbasis artificial intelligence dan IoT untuk mendeteksi suhu tubuh dan pemakaian masker. (dok. Qlue)

Perusahaan startup penyedia ekosistem smart city, Qlue menyediakan sejumlah teknologi untuk menegakkan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Perangkat yang disediakan antara lain QlueThermal, perangkat AI dan IoT untuk mengecek suhu tubuh dan penggunaan masker secara otomatis, QlueDashboard, untuk melakukan analisa data pengunjung yang didapat dari QlueThermal, dan sebagai penyedia platform bagi pengunjung dalam melakukan pengecekan mandiri/self-assessment.

Menurut Pendiri dan CEO Qlue Rama Raditya, QlueThermal telah terpasang dan teruji di beberapa gedung perkantoran dan rumah sakit di Jakarta sebagai standar keamanan dan kini siap mendukung penyelenggaraan konser, pertunjukan seni, ataupun aktivitas lainnya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan menggerakkan roda perekonomian di Indonesia.

“QlueThermal merupakan solusi yang terdiri dari sensor pemindai suhu, sensor jarak, dan kamera. Teknologi AI yang disematkan ke kamera QlueThermal mampu mendeteksi penggunaan masker dan mengenali lebih dari 100 jenis masker secara otomatis dengan tingkat akurasi sebesar 98\%,” Rama menjelaskan.

Sensor suhu pada QlueThermal bisa mendeteksi suhu tubuh orang dengan akurasi sebesar 99\% dengan jarak maksimum satu meter. Keseluruhan proses pendeteksian tersebut memakan waktu kurang dari satu detik. QlueThermal sudah digunakan di lebih dari 20 perusahaan multi-industri di Indonesia. Sampai saat ini, QlueThermal sudah mencatat lebih dari 65.000 data suhu dan penggunaan masker dari total lebih dari 150 perangkat.

QlueThermal juga bisa diintegrasikan ke kontrol akses pintu atau barrier gate, memungkinkan sistem buka-tutup pintu secara otomatis berdasarkan kondisi suhu tubuh dan penggunaan masker. Untuk perkantoran, QlueThermal juga bisa berfungsi sebagai mesin absen contactless, yang memungkinkan karyawan melakukan absen melalui facial recognition, meski orang tersebut mengenakan masker.

Dengan ini, karyawan tidak perlu melakukan kontak fisik tidak langsung melalui mesin absen yang masih menggunakan kartu id atau sidik jari, sehingga mengurangi risiko penyebaran virus. Data absensi karyawan yang didapatkan dari QlueThermal juga bisa terintegrasi dengan sistem HRIS yang sudah ada, sehingga memudahkan manajemen untuk memantau absensi karyawan di kantor mereka.

Implementasi teknologi IoT juga memungkinkan QlueThermal untuk mengirimkan data secara real time, sehingga seluruh perangkat yang ada di tempat berbeda bisa dipantau secara langsung melalui sebuah dashboard terintegrasi, QlueDahboard. Didukung oleh teknologi Al, QlueDashboard memiliki kemampuan untuk menganalisis seluruh data seiring waktu dan memberikan rekomendasi yang diperlukan untuk dapat segera ditindaklanjuti secara efektif dan akurat.

Hal ini memungkinkan para pemimpin organisasi atau perusahaan untuk memantau dan memahami korelasi data dan masalah sehingga mempermudah proses analisis data. Sehingga, keputusan yang diambil akan lebih cepat dan akurat dalam menyelesaikan sebuah masalaah.

Saat ini, Qlue sudah mengeluarkan dua versi dari QlueThermal, yaitu QlueThermal Nusantara dan QlueThermal Garuda. Garuda merupakan versi penyempurnaan dari versi yang sebelumnya, Nusantara. Berbeda dengan QlueThermal Nusantara yang menggunakan thermal sensor untuk mendeteksi suhu pada satu titik di dahi, QlueThermal Garuda sudah dilengkapi dengan thermal camera, sehingga pendeteksian suhu bisa lebih akurat dan cepat.

QlueThermal Garuda dilengkapi dengan mekanisme smart tilting, sehingga bisa menyesuaikan tinggi badan dari objek yang dideteksi secara otomatis. Dengan konstruksi desain yang lebih kokoh dan software yang lebih optimal, kalibrasi dan akurasi QlueThermal Garuda bisa dilakukan lebih baik, cepat, dan akurat. Nama Garuda sendiri diambil untuk melambangkan kekuatan, keagungan, dan kejayaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)