Relawan GEMAS Serahkan 50 Ribu Masker Cegah Corona untuk Polri

Menyikapi kondisi terkini di Indonesia terkait penyebaran virus Covid-19 dengan tingkat penyebaran meluas dan bertambahnya korban, relawan Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) menyerahkan bantuan 50 ribu masker kepada Polri diwakili oleh Wakapolri, Komjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. di Mabes Polri .

“Polri berperan aktif dalam penanganan Covid-19 ini. Kami percaya bahwa Covid-19 ini tidak bisa diatasi hanya seorang diri, namun harus saling berkolaborasi antara masyarakat, dan pemerintah. Terutama Polri yang turut ikut terjun ke lapangan,” ujar Wanda Ponika dari GEMAS.

GEMAS pun diapresiasi Gatot lantaran membantu Polri dan masyarakat untuk mencegah perluasan peyebaran virus Covid-19. Karena ini merupakan tantangan kita bersama. “Yang terpenting, mari kita fokus memutus mata rantai Covid-19 ini bersama. Masyarakat harus waspada bahwa virus ini memang benar adanya dan bisa menyerang siapa saja. Untuk itu, mulai dari lingkungan terdekat kita, patuhilah protokol kesehatan yang ada yakni memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan juga menghindari kerumunan.” ucap Gatot saat memberikan apresiasi kepada GEMAS.

Hingga saat ini masker kain GEMAS telah dibagikan langsung oleh relawan di lapangan, dan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat, TNI AD, komunitas antara lain Anak Indonesia Bersatu, Dompet Dhuafa, Kodim Jakarta Barat, GMI Jakarta, Komunitas Slankers, Asensi, Komunitas Spedox Surabaya, Korlantas Polri, Polda Metro Jaya, Kerabat Kotak Indonesia, Bali Beachwalk, fX Sudirman, Park23, Plaza Indonesia, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Banten dan lainnya.

Total masker yang telah didistribusikan lebih dari 3.5 juta ke seluruh Indonesia menggunakan Ekspedisi SiCepat Ekspres secara gratis. Masker merah putih dari GEMAS ini dipakai oleh banyak influencer Tanah Air seperti: Raffi Ahmad; Maia Estianty; Cinta Laura; Baim Wong; Ari Lasso; Prilly Latuconsina; dan Kaesang Pangarep. Mereka turut mengampanyekan pentingnya memakai masker kain terutama di saat pandemi Covid-19.

Program donasi masker gratis GEMAS ini ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu sebagai salah satu alat pelindung diri terhadap penyebaran virus Covid-19. Pada saat ini diprioritaskan yang berada di wilayah Jakarta atau wilayah lain yang berdasarkan data statistik terkena dampak virus Covid-19.

Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis yang dapat digunakan secara berulang namun tetap terlindung dari penularan virus Covid-19. Selain itu masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Program ini nantinya akan membagikan masker kepada jutaan masyarakat Indonesia yang membutuhkan secara cuma-cuma.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)