RSIA Bunda Bagikan Tips Aman ke RS di Masa Pandemi

Selain membawa dampak terhadap bisnis, pandemi Covid-19 juga membuat orang khawatir untuk berobat ke rumah sakit (RS). Apalagi jika kondisi mendesak harus ke RS misalnya bagi ibu hamil untuk kontrol rutin kandungan.

Meredam kekhawatiran tersebut, melalui dr. R. Bonti Tri H. Shanti, SpOG, RSIA Bunda Jakarta memberikan tips aman ke RS saat pandemi terutama bagi ibu yang perlu konsultasi dokter jika jadwal sudah tiba. Bonti menjelaskan, pertama, pasien harus selalu membawa hand sanitizer untuk mencuci tangan setiap habis memegang sesuatu di RS, atau memanfaatkan hand sanitizer yang tersedia di setiap sudut RS.

Kedua, selalu memakai masker, baik masker kain maupun masker medis. Sebagai tambahan, boleh juga memakai kacamata gogle atau face shield agar mata terlindungi dan mencegah tangan memegang mata.

“Memakai masker boleh dirangkap antara masker kain dengan medis. Kemudian saat melepas masker, hindari memegang masker bagian luar, pegang hanya talinya saja, lalu langsung masukkan ke ember cuci di luar rumah. Untuk masker medis agar langsung dibuang setelah dipakai,” jelasnya.

Ketiga, dianjurkan untuk memakai jaket parasut praktis bertutup kepala yang bisa dilipat ketika ke RS. Kemudian ketika pulang sampai rumah, jaket tersebut dilepas di luar dan masukkan ke ember cuci, sehingga bisa masuk ke rumah dengan aman.

“Jangan terlalu khawatir untuk konsultasi ke RS, yang penting Anda menerapkan protokol Covid-19 dengan baik,” tandasnya.

Di samping itu, dalam kegiatan operasional, seluruh jaringan Grup RS Bunda juga telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pasien. RSIA Bunda memisahkan antara pasien dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sesak nafas dengan pasien sehat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)