Satgas Monitoring Strain Virus Jenis Baru

Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan monitoring dan evaluasi terkait ditemukannya strain virus baru Covid-19 yakni B117 di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional.

"Saat ini pemerintah sudah melakukan surveilans kedatangan dari luar negeri untuk mencegah masuknya strain Covid-19 di pintu masuk Indonesia,” kata dia. Satgas, menurutnya telah menetapkan kebijakan pelaku perjalanan internasional, dan siap untuk melakukan perubahan kebijakan jika diperlukan.

Analisa terakhir World Health Organization (WHO) menyebutkan adanya kenaikan kasus di 4 benua yakni, benua Amerika, Asia Tenggara, Eropa dan Mediterania Timur. Padahal, seminggu sebelumnya WHO menyatakan bahwa infeksi baru Covid-19 telah turun di seluruh dunia selama 6 Minggu berturut-turut atau pertamakalinya penurunan berkelanjutan sejak pandemi dimulai.

"Besar kemungkinan kenaikan kasus global ini terjadi karena disiplin protokol kesehatan di banyak negara mulai mengendur karena terlena dengan kedatangan vaksin," kata dia menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)