Semangat Saling Bantu Astra Saat Covid-19 Mewabah

Sudah lebih dari satu tahun pandemi Covid-19 ada di Indonesia. Pemerintah, dunia usaha dan relawan pun terus bahu-membahu melakukan percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini. Salah satunya Grup Astra yang terus memberikan bantuan tahap demi tahap.

Melalui Nurani Astra, perusahaan yang didirikan pada 1957 ini secara konsisten membantu semua pihak yang terdampak pandemi Covid-19. Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication Astra International menjelaskan, pembentukan Nurani Astra sendiri merupakan wujud komitmen Astra dalam menghadapi tanggap bencana dan membantu korban bencana.

"Nurani Astra memiliki tugas melakukan operasi tanggap bencana dengan baik sesuai dengan instruksi kerja yang sudah ditetapkan. Seperti melakukan survei lokasi yang terdampak bencana, mendukung tim SAR Astra dalam kegiatan evakuasi korban bencana, membantu posko wilayah, dan membantu distribusi bantuan kepada korban bencana," ujar Boy dalam webinar SWA bertajuk' Encouraging Corporate Social Initiative for Pandemic Solution', (14/07/2021).

Bantuan tahap pertama dilakukan pada 23 Maret 2020, Astra menyerahkan Rp63 miliar membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Wujud bantuan tersebut antara lain berupa berbagai peralatan pencegahan penyebaran Covid-19 seperti alat uji tes, alat pelindung diri, hand sanitizer hingga disinfektan, 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71) untuk kendaraan penyemprotan disinfektan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

Untuk penyerahan bantuan tersebut, Astra menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak yakni Kementerian Kesehatan RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), laboratorium medis, dan rumah sakit rujukan pemerintah.

Tahap kedua dalam bentuk donasi senilai Rp30 miliar secara bertahap kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya pada 7 April 2020.

Tahap ketiga, Astra melalui Nurani Astra menyalurkan 30 ventilator senilai Rp13 miliar pada 27 April 2020 kepada tiga rumah sakit untuk membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut. Ketiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (lima unit).

Bantuan tahap keempat pada 8 Mei 2020 berupa 127.232 paket bahan pokok sehari sehari senilai Rp25 miliar untuk meringankan dampak sosial akibat pandemi Covid-19. Sasaran utama yakni masyarakat tidak mampu dan pekerja nonformal yang tinggal di sekitar instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra. Pada September 2020, Astra secara bertahap menyerahkan bantuan tahap kelima terkait penanggulangan Covid-19 berupa 50 ventilator senilai Rp20,8 miliar ke berbagai wilayah di 18 provinsi di Indonesia.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung, awal tahun 2021, Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra melalui program Nurani Astra menyalurkan berbagai bantuan tahap awal untuk masyarakat yang terdampak bencana gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Astra dan sejumlah grup Astra menyalurkan 1500 paket sembako dan kebutuhan logistik untuk korban gempa berupa genset, terpal, selimut, obat-obatan, perlengkapan kebersihan, kebutuhan anak. Berbagai alat berat dan fasilitas transportasi lainnya juga dikerahkan guna membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan korban gempa.

Pada waktu yang berdekatan, bencana alam melanda daerah lain di Indonesia seperti banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat serta banjir dan tanah longsor di Manado. Berkoordinasi dengan Koordinator Wilayah Grup Astra setempat, Astra menyerahkan sejumlah paket sembako dan masker medis untuk para korban bencana alam.

Pada 10 Maret 2021, Astra kembali menyalurkan bantuan dalam menangani pandemi Covid-19 berupa 1 juta paket beras beserta masker dengan total senilai Rp20 Miliar kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang didistribusikan kepada Kodam Jaya di berbagai kota seperti Jakarta, Depok, Tangerang & Bekasi. Sehingga bantuan tahap enam ini menambah nilai bantuan tahap satu hingga lima tahun 2020 lalu menjadi Rp171,8 miliar.

"Kami juga secara bertahap melakukan vaksinasi Covid-19 untuk karyawan dan masyarakat sebagai bagian dari sinergi pemerintah dan swasta guna meningkatkan cakupan proses vaksinasi nasional sehingga dapat mendukung terwujudnya kekebalan kelompok (herd immunity) yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Nurani Astra dipimpin oleh Steering Committee yang terdiri dari Director in Charge Corporate Affairs Astra, Chief of Corporate Affairs Astra, Head of Corporate Communications Astra, Head of ESR Astra, dan Head of Security Astra. Nurani Astra juga bekerja sama dengan 31 Koordinator Wilayah Grup Astra dan 2 Ketua Kawasan Grup Astra yang menjadi perpanjangan tangan kantor pusat ke daerah-daerah di seluruh tanah air.

Komunikasi ke Grup Astra pun dinilai menjadi lebih mudah karena dibantu dengan para PIC Corcomm Grup Astra dari 7 lini bisnis yang ada termasuk yayasan di bawah naungan Astra. Sebagai contoh koordinasi yang dilakukan adalah sinergi beberapa perusahaan Grup Astra dalam bantuan pemberian paket sembako yang dilakukan di sejumlah daerah.

"Segala bentuk bantuan yang kami berikan donasi di bawah payung Nurani Astra untuk membantu pemerintah, masyarakat, tenaga kesehatan yang benar-benar terdampak di lapangan, untuk negara ini," tutur Boy.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)