Strategi Bertahan Industri Penyelenggara Kegiatan di Era Pandemi

Industri berbasis penyelenggaraan kegiatan (event organizer) yang memiliki nilai lebih dari Rp500 triliun dengan serapan tenaga kerja yang tinggi menjadi salah satu bisnis yang terdampak akibat pandemi. Sejumlah pelaku bisnis event organizer terpaksa menghentikan kegiatannya. Namun, beberapa minggu ke belakang mulai terlihat event organizer menemukan cara baru untuk menyelenggarakan kegiatan.

Salah satu pengusaha EO, Dian Eka Yanto mengatakan pandemi merupakan tantangan yang harus dihadapi para organizer karena sejatinya konsep event adalah untuk mengumpulkan massa.

“Dulu (sebelum pandemi), kami bisa mengumpulkan massa sebanyak-banyaknya, sekarang dibatasi hanya 50% hingga 25% dari kapasitas. Ini merupakan tantangan, tapi kita harus beradaptasi,” paparnya dalam talkshow BNPB (1/12/2020).

Dengan tantangan ini, Dian menyebut EO harus memanfaatkan teknologi dengan baik. Salah satu strategi adaptasi yaitu memadukan event offline dan online atau dalam EO disebut hybrid.

“Contohnya kami menyelenggarakan event secara offline, tapi bisa disiarkan online. Yang tadinya audiens hanya 100 orang bisa menjadi 1.000 orang,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen dan Praktisi MICE, Renno Raymond Okto Z mengemukakan beberapa bulan terakhir sektor MICE sudah mulai beraktivitas. Menurutnya, pelaku MICE bangkit dengan pola-pola baru yang dilakukan mulai dari persiapan hingga eksekusinya.

“Protokol kesehatan CHSE ataupun kreativitasnya yang kita coba tingkatkan. Banyak sekali ide, apalagi di lapangan pasti penuh dengan kreativitas,” ujarnya.

Renno menyebut objektif eksekusi penyelenggaraan event bisa langsung monetisasi atau berupa stimulus dulu. “Di tahap awal, kami coba membuat ide yang memberikan stimulus bagi publik maupun partner. Contoh yang sudah dilakukan sekarang adalah konser online atau menonton film di mobil (Drive In). Tapi ini belum maksimal. Ini merupakan stimulus agar seluruh stakeholder bisa mendukung pelaku EO dan MICE,” tutur Renno.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)