Tokopedia Jaga Produktivitas Karyawan dengan Serangkaian Kegiatan Virtual

Perusahaan teknologi Tokopedia masih memberlakukan kebijakan work from home (WFH) pada seluruh Nakama (sebutan karyawan Tokopedia). Kebijakan tersebut diimplementasikan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Sampai saat ini, Tokopedia terus mewajibkan karyawan bekerja dari rumah sebagai upaya membatasi interaksi langsung (physical distancing) demi mendukung penanganan pandemi COVID-19," ujar Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia pada SWA Online.

Demi memastikan efektivitas lebih dari 4.500 Nakama dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia di tengah pandemi, perusahaan mewajibkan setiap karyawan untuk tetap menjalankan komunikasi virtual antar tim secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Dalam hal ini, perusahaan memfasilitasi setiap karyawan dengan platform komunikasi digital agar memudahkan dalam berkoordinasi secara lebih aman, juga mengetahui tantangan dan perkembangan tim selama WFH.

Di sisi lain, kata Ekhel, praktik bekerja dari rumah sudah lumrah dilakukan Nakama, bahkan jauh sebelum sebelum adanya pandemi COVID-19. "Berkaitan dengan menjaga produktivitas, sama saja dengan aktivitas bisnis pada umumnya karena pada dasarnya, seluruh Nakama sudah memiliki Objectives dan Key Results (OKR) pribadi, tim dan perusahaan yang sejalan," jelas dia.

Tokopedia juga mengadakan serangkaian kegiatan secara berkala yang ditujukan untuk membangun pengalaman bekerja dari rumah yang lebih menyenangkan dan produktif. Karyawan juga dapat mengakses berbagai konten pembelajaran dan pelatihan virtual demi meningkatkan keterampilan dan keahlian individu maupun tim.

Selain itu, Tokopedia menyediakan sejumlah platform khusus, yang dapat diakses kapan dan di mana saja, dan dapat membantu meningkatkan motivasi, serta menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental karyawan di tengah pandemi.

"Setiap langkah kami lakukan demi memastikan keberlangsungan bisnis sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat, khususnya pengguna Tokopedia," katanya.

Kendati demikian, manajemen selalu mengingatkan seluruh karyawan agar menjalani WFH dengan menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker ketika keluar rumah, dan menjaga jarak.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)