UI Buka Layanan Sentra Vaksin di Kampus Salemba

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin mengatakan vaksinasi merupakan kunci keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dengan membentuk kekebalan komunal (herd immunity). Hal tersebut disampaikan saat peninjauan Sentra Vaksinasi Universitas Indonesia (UI) di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKGUI) Salemba, Jakarta.

Program vaksinasi, menurut Wapres, berperan vital dalam pengendalian pandemi. Namun, hal tersebut tidak berarti menggantikan implementasi protokol kesehatan di tengah masyarakat. “Salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting,” kata Ma’ruf Amin.

Vaksinasi terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan seseorang jika terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, jumlah penduduk DKI Jakarta mencapai 11.2 juta jiwa. Kekebalan kelompok di wilayah tersebut dapat terbentuk apabila 8,3 juta jiwa penduduknya telah menerima vaksinasi Covid-19.

Dalam pemberian layanan vaksin, UI melibatkan para mitra antara lain Salim Group, BNI Life, Paragon Corp, Shopee, Modena, dan Mustika Ratu. “Hal ini menunjukkan dukungan dan apresiasi pemerintah terhadap upaya yang dilakukan UI melalui layanan di Sentra Vaksinasi, baik yang di Kampus Depok, maupun di Salemba,” ujar  Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro.

Sentra Vaksinasi UI ditargetkan dapat melayani 5.000 akseptor yang berasal dari warga di sekitar kampus UI dan DKI Jakarta. Pelayanan di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba dilakukan selama hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB. Jenis vaksin yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah Sinovac, Astrazeneca, dan Moderna.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)