Upaya Bank Mandiri Cegah Penyebaran Virus Covid-19

Penerapan peraturatan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 menjadi perhatian utama bagi seluruh jajaran manajemen dan karyawan Bank Mandiri.

SVP Business Continuity Management Bank Mandiri, Ahmad Taufik menjelaskan untuk meningkatkan awareness serta kedisiplinan seluruh jajaran perusahaan, pihaknya membentuk Satuan Tugas bernama Covid-19 Rangers. Tugasnya untuk memonitor dan mengawasi secara ketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan Bank Mandiri. “Jika ditemukan pelanggaran maka akan diberikan sanksi serta dilaporkan kepada manajemen dan unit kerja yang bersangkutan,” ujarnya.

Bank Mandiri pun melakukan tindakan preventif dengan penerapan protokol kesehatan, dalam bentuk penyediaan hand sanitizer, alat pengukur suhu tubuh, area cuci tangan dan antiseptic chamber, signage penanda jarak di seluruh area, serta melakukan rekayasa engineering di ruang kerja serta kantor seperti pemasangan partisi yang terbuat dari akrilik untuk memberikan sekat antar pegawai atau pegawai dan nasabah.

Untuk mencegah risiko penularanCovid-19, pihaknya menerapkan beberapa tindakan antara lain pengukuran suhu tubuh bagi karyawan, tamu, nasabah maupun seluruh pengunjung oleh petugas pengamanan di pintu masuk, pembatasan atau pelarangan kunjungan bagi tamu yang tidak bertransaksi dengan bank, penyediaan tempat bagi nasabah atau pihak ketiga yang melakukan penandatanganan perjanjian.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap pegawai yang melakukan pekerjaan dari kantor, perusahaan memfasilitasi dengan pembagian masker, bantuan makan siang, bantuan suplemen dan vitamin, bantuan transportasi bus menuju gedung perkantoran Bank Mandiri (kantor pusat). Selain itu, pihaknya memberikan bantuan uang saku, bantuan akomodasi atau tempat tinggal bagi karyawan unit kerja kritikal yang bertugas di lokasi alternatif, serta penyediaan alat pelindung diri (APD) atau bJU hazmat bagi petugas yang melakukan tindakan medis / non medis terkait penanganan COVID-19.

Bagi pegawai yang terdampak Covid-19, pemantauan secara intensif dan bantuan pendampingan follow up tindakan medis atau perawatan terus dilakukan. “Kami juga telah menerapkan pembagian tugas karyawan untuk WFH dan WFO, rapat/koordinasi secara virtual, “ ujarnya.

Bank Mandiri juga mendorong nasabah untuk meningkatkan transaksi perbankan secara elektronik melalui channel yang tersedia saat ini seperti mandiri online, mobile banking, mesin EDC, eMoney, LinkAja dan lain lain. Serta penggunaan media elektronik untuk meminimalisir kunjungan nasabah ke cabang seperti: pembukaan rekening melalui video banking, pengajuan kartu kredit melalui Online on Boarding Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Adapun laporan monitoring penerapan protokol kesehatan pegawai serta operasional perbankan dilakukan secara harian, mingguan, dan bulanan. Sehingga perkembangan dan penanganan pandemic di lingkungan Bank dapat termonitor serta mempermudah pengambilan keputusan oleh manajemen dan kepala unit kerja.

Lebih lanjut ia mengatakan atas dukungan perusahaan melalui bantuan bagi pegawai dan sosialisasi serta monitoring oleh Covid-19 Rangers, produktivitas perusahaan tetap bisa dijaga dan dimonitor dengan baik, terutama karena adanya kontrol yang kuat dari setiap Kepala Unit Kerja melalui pemanfaatan teknologi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)