Upaya Sinar Mas Agri Menjaga Keselamatan Karyawan di Tengah Pandemi COVID-19

Minyak goreng Filma salah satu produk Sinar Mas Agribusiness and Food

Saat ini kita sudah memasuki bulan ke-8 menghadapi pandemi. Penyebaran COVID-19 yang semakin meluas disikapi Sinar Mas Agribusiness and Food (Sinar Mas Agri) dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang ketat di tempat kerja. Berbagai langkah protokol kesehatan ini guna menjamin keselamatan dan keamanan seluruh staf perusahaan, untuk menekan penyebaran virus Corona baru ini agar roda bisnis tidak terganggu

Harjanto Tanuwidjaja, Chief Human Resources Officer Sinar Mas Agribusiness and Food menjelaskan upaya yang dilakukan perusahaan adalah dengan memaksimalkan teknologi dalam bekerja, terutama untuk yang kerja di office, perusahaan mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaannya secara remote atau jarak jauh, contohnya dengan konferensi video sebagai pengganti pertemuan tatap muka.

“Kami juga mempertimbangkan perjalanan dinas untuk bisa dibatasi saat ini. Lalu melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan temperatur tubuh harian terhadap seluruh staf dan pengunjung. Serta mendorong staf kami yang sakit untuk memonitor diri sendiri serta mengarantina diri jika sakit,” tegas Harjanto. Ia menambahkan perusahaan juga mendesinfeksi lingkungan tempat kerja secara rutin dan menyediakan cairan sanitizer dan masker operasi di seluruh kantor.

Langkah pencegahan juga dilakukan, yaitu dengan mengedukasi karyawan tentang kendali infeksi. Harjanto melanjutkan perusahaan melangsungkan sesi berbagi secara rutin bersama karyawan, khususnya di bisnis pengilangan, untuk memberi wawasan dan mengedukasi mereka mengenai Covid-19, gejalanya, serta langkah-langkah untuk mencegah penyebarannya. “Melalui sesi berbagi ini, kami meningkatkan kesadaran karyawan mengenai pentingnya kebersihan diri yang baik. Kami juga telah menempatkan spanduk dan poster di sekitar tempat kerja untuk memperkuat pesan tersebut,” ujarnya.

“Perusahaan juga telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) apabila terdeteksi adanya penyakit. “Untuk itulah kami melakukan pengecekan suhu tubuh secara rutin di seluruh titik masuk dan menyediakan cairan sanitizer. Di beberapa area operasi utama, kami membatasi akses pengunjung dan kontraktor dari luar,” tegasnya.

Ia melanjutkan dengan fasilitas produksi Sinar Mas Agri yang tersebar di beberapa provinsi, perusahaan menegaskan komitmennya dalam memastikan kontinuitas pasokan bagi konsumen. Fasilitas produksi yang tersebar di beberapa provinsi, dapat berfungsi sebagai penyedia pasokan cadangan bagi satu sama lain apabila dibutuhkan. Hal ini dapat menjamin keandalan serta kontinuitas pasokan dalam skenario terburuk sekalipun, di mana kami harus menutup salah satu unit fasilitas. “Kami akan terus memonitor situasi dengan seksama dan menyesuaikan langkah yang diambil berdasarkan instruksi otoritas kesehatan nasional,” tuturnya.

Untuk diketahui Sinar Mas Agribusiness and Food menghasilkan berbagai produk olahan dari kelapa sawit, untuk produk curah seperti minyak sawit mentah, inti sawit, minyak inti sawit, bungkil sawit, olein, stearin, dan cocoa butter substitute dari fasilitas produksi kelapa sawit yang terintegrasi. Perusahaan juga memproduksi serangkaian produk olahan bermerek seperti minyak goreng, margarin, butter oil substitute, shortening dan lemak untuk para konsumen, restoran, hotel, kafe dan pasar industri. Produk-produk tersebut di antaranya dikenal dengan merek Filma, Kunci Mas dan Palmvita.

“Dengan skala besar perusahaan, kami tak hanya menjangkau pasar domestik tapi juga pasar internasional. Sebagai salah satu penjual dan distributor minyak kelapa sawit terkemuka di Eropa dan Amerika, kami memiliki kantor pemasaran di Belanda, Spanyol, dan Amerika. Kami memasok berbagai hasil olahan kelapa sawit untuk industri makanan, energi dan oleokimia,” terangnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)