Vaksin Pfizer Gratis di Sentra Vaksinasi WhoSehat Summarecon Mal Serpong

Program vaksinasi ini merupakan bentuk perlawanan terhadap pandemi Covid-19 hasil kolaborasi WhoSehat, Summarecon Mall Serpong dan Puskesmas Bojong Nangka (Foto: dok WhoSehat)

Masyarakat dapat memperoleh Vaksin Pfizer gratis di Summarecon Mall Serpong, Tangerang mulai tanggal 11 Oktober 2021. Vaksin Pfizer merupakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA (messenger RNA) yang diproduksi perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat, dan telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021.

Sesuai arahan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Vaksin Pfizer diperuntukkan bagi masyarakat umum usia 12 tahun ke atas yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, sasaran yang memiliki kondisi immunocompromised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lain. Kuota vaksin untuk 20 hari efektif pelaksanaan Sentra Vaksinasi Mini di Summarecon Mall Serpong berjumlah 6.000 dosis.

Program vaksinasi ini merupakan bentuk perlawanan terhadap pandemi Covid-19 hasil kolaborasi WhoSehat, Summarecon Mall Serpong dan Puskesmas Bojong Nangka di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Kami menyambut baik kerja sama dengan WhoSehat dan Puskesmas Bojong Nangka yang akan mengadakan program vaksinasi Covid-19 jenis Pfizer untuk usia 12 tahun ke atas, di Summarecon Mall Serpong, pada 11-22 Oktober 2021. Kami senang dapat berpartisipasi dalam mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 agar target mencapai herd immunity dapat terwujud,” ungkap Tommy, Center Director Summarecon Mall Serpong.

Sentra Vaksinasi WhoSehat Summarecon Mall Serpong memberikan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi masyarakat luas tanpa pembatasan domisili atau tempat tinggal pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Program akselerasi vaksinasi ini diselenggarakan tanggal-tanggal 11 – 22 Oktober 2021,  dilanjutkan pada tanggal- 1- 12 November 2021. Pelayanan vaksinasi dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 11.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. "Saya mengikuti vaksin di Sentra Vaksinasi WhoSehat Summarecon Mall Serpong pada tahap pertama. Alahmadulilah vaksinasi ini tanpa pembatasan domisili, sehingga saya yang bukan warga Tangsel tetap bisa ikutan," tutur Agus Cahyadi, warga yang ber-KTP Tegal, Jawa Tengah itu.

Pada saat hadir untuk divaksin, calon akseptor harus menunjukkan fotocopy KTP atau KK yang NIK terbaca jelas, alat tulis / pulpen dan kartu vaksin dosis 1 Pfizer bagi yang hendak dosis 2.  Vaksin Pfizer membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus dan harus segera digunakan, karena secara spesifikasi vaksin ini harus disimpan khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara 60 – 90 derajat Celcius.

“Vaksin ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan vaksin sebelum disuntikan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM.

Tenaga kesehatan dari Puskesmas Bojong Nangka, Kabupaten Tangerang dan WhoSehat telah beberapa kali berkolaborasi melaksanakan vaksinasi dengan jenis Pfizer ini. “Tenaga kesehatan WhoSehat dan Puskesmas Bojong Nangka telah memiliki ritme kerja kolaborasi yang efektif dalam hal penanganan layanan vaksinasi Pfizer.’, terang dr. Alfiane Indri Kaunang, selaku penanggungjawab medis WhoSehat.

WhoSehat mendapat dukungan pendanaan dari Kantor Akuntan Publik Suharli, Sugiharto & Rekan, dan Konsultan Pajak anggota ShineWing Indonesia, dalam program CSR yang merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi 1 tahun. Pendiri dan Pemimpin Gerakan WhoSehat, Michell Suharli menegaskan bahwa kemanunggalan pemerintah dan rakyat berbagai kalangan untuk Indonesia bangkit keluar dari pandemi Covid-19 harus terus diwujudkan dengan semangat tolong menolong dan persatuan Indonesia.

“Puskesmas Bojong Nangka dari pihak pemerintah, Summarecon Mal Serpong dari masyarakat pelaku usaha, WhoSehat yang didukung oleh ShineWing Indonesia dari masyarakat profesi keuangan telah menunjukkan kemanunggalan pemerintah dan rakyat atas dasar semangat gotong royong – sebagai karakteristik persatuan Indonesia,” ungkap Michell.

Sejak dimulai tanggal 1 Agustus sampai 30 Septermber 2021, WhoSehat menjangkau 23.296 akseptor pada 117 Sentra Vaksin Mini (SVM), serta terus berlanjut sampai November 2021. Seluruh SVM diselenggarakan di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan dan Kabupaten Tangerang. Kuota vaksin tersedia 35.699 dosis, yang mendaftar 26.422 orang, hadir 24.409 orang dan ditunda 1.113 orang. Dari jumlah 23.296 vaksin tersebut, sebanyak 11.963 akseptor dosis 1, sisanya vaksin dosis 2 dan dosis 3 untuk tenaga Kesehatan.

“WhoSehat memiliki jejak rekam yang teruji di berbagai lokasi dalam mengorganisasi pelaksanaan vaksin, baik dari sisi medis dan non-medis. WhoSehat yang didirkan di Kabupaten Tangerang, saat ini berkesempatan memberi pengabdian di wilayah domisili kami sendiri, dari Tangerang untuk Indonesia” terang Lukcimo Jahja, penanggungjawab nonmedis WhoSehat.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)