Vaksinasi Drive-Thru Grab dan Good Doctor Capai 5.000 Vaksinasi dalam 5 Hari

Sebagai mitra swasta Kementerian Kesehatan pertama yang menjalankan sentra vaksinasi Drive-Thru di Indonesia dan Asia Tenggara, Grab dan Good Doctor telah mencapai vaksinasi lebih cepat dari target semula. Dalam waktu 5 hari (terhitung 3 Maret), Grab Vaccine Center yang didirikan dan dikelola oleh Grab dan Good Doctor yang terletak di Nusa Dua Bali ini telah menyuntikkan 5.134 dosis vaksin kepada pekerja di sektor pelayanan transportasi, termasuk pengemudi angkutan umum, mitra pengemudi dan mitra pengantaran Grab dan pekerja publik di sektor pariwisata di Pulau Dewata.

Angka ini telah melampaui target semula yaitu 5.000 dosis dalam 7 hari, artinya pusat vaksinasi Grab dan Good Doctor di Bali ini telah berhasil memberikan vaksin kepada rata-rata 2 orang setiap 3 menit. Grab Vaccine Center di Bali ini sebelumnya diperkirakan mampu memberikan 840 suntikan dalam sehari, dengan total 5.000 vaksinasi dalam seminggu. Pusat vaksinasi pertama ini beroperasi mulai tanggal 27 Februari sampai 5 Maret 2021 untuk gelombang 1 dan pada tanggal 13 sampai 19 Maret 2021 untuk gelombang 2.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, mengatakan, pencapaian target yang lebih awal ini adalah berkat dedikasi luar biasa 31 dokter dan perawat yang ditempatkan di area pra-registrasi dan 16 dokter dan perawat yang ditempatkan di area layanan Drive-Thru.

“Dengan tercapainya target kita lebih cepat dari yang diperkirakan, menunjukkan respons yang positif dari masyarakat untuk program vaksinasi ini. Ke depannya tentu saja angka ini akan menjadi acuan dan motivasi bagi kami terutama di Good Doctor untuk senantiasa memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Kami juga akan selalu siap untuk menjadi mitra bagi pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi ini di kota-kota lain sesuai dengan arahan Kemenkes, demi mempercepat mengakhiri pandemi di Indonesia.” ungkap Danu.

Penerima vaksin dari sektor pariwisata dan transportasi publik mendapatkan undangan melalui pesan singkat yang harus ditunjukkan sebagai syarat untuk masuk ke pusat vaksinasi. Sementara itu, mitra pengemudi dan pengantaran layanan transportasi daring (ride-hailing) diinformasikan melalui pesan singkat dan juga pesan di aplikasi mitra pengemudi Grab. Mereka wajib menunjukkan undangan sebelum dapat divaksinasi. Gelombang pertama penerima vaksin ini ditentukan berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Provinsi Bali.

Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia mengatakan kerja sama Grab, Good Doctor dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan. Ridzki juga menyampaikan apresiasinya kepada mitra pengemudi atas antusiasmenya.

“Berkat kerja sama yang baik antara berbagai pihak, kita dapat mencapai target vaksinasi awal hanya dalam lima hari. Bahkan, di hari keenam sejak Grab Vaccine Center mulai beroperasi, kita sudah berhasil mencapai 5.492 suntikan dengan persentase total 109,84% dari target 5.000 suntikan. Kami juga sangat bersyukur sudah dapat memberikan vaksin kepada mitra kami, karena kami sangat mengapresiasi mereka yang telah memainkan peran penting dalam melayani kebutuhan sehari-hari masyarakat,” ujarnya.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan apresiasinya atas dukungan Grab dan Good Doctor dalam menyukseskan program vaksinasi ini. Hal ini bisa menjadi contoh bagi semua inisiatif serupa lainnya ke depan.

“Dengan tercapainya target ini menunjukkan tingginya tingkat partisipasi masyarakat, dan saya yakin Grab dan Good Doctor dapat mereplikasi kinerja di pos vaksinasi kota lain yang akan segera menyusul dalam minggu kedepan. Dengan begitu, kami berharap untuk dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia,” ujar Menkes.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)